Wednesday, November 25#PakaiMasker #StayAtHome

Bikin Glowing Maksimal, Ini Manfaat Kopi Untuk Wajah

Kopi menjadi salah satu teman terbaik yang bikin mata melek lebih lama. Tidak hanya itu, menyeduh secangkir kopi juga membuat pikiran lebih rileks. Jika kita mengenal adanya kafein dari secangkir kopi, ternyata kopi juga mengandung antioksidan yang baik untuk kulit maupun wajah. Berbagai bakal dengan mudah kita aplikasikan mulai dari menggunakannya sebagai masker ataupun scrub. Tapi, apa saja sih manfaat penggunaan kopi untuk kulit dan adakah efek samping menggunakan kopi sebagai perawatan wajah? Untuk menjawab semua pertanyaan yang ada di pikiran kalian, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Saja Untuk Wajah?

Faktanya menurut American Chemical Society, kopi adalah salah satu antioksidan paling populer di AS, bahkan lebih populer dari minuman antioksidan lain seperti teh dan anggur. Tidak hanya nikmat saat di seduh, antioksidan juga bermanfaat untuk kulit dan wajah. Oleh karena itu kopi bisa digunakan sebagai masker dan body scrub untuk menyuplai antioksidan secara eksternal. Saat kita menggunakannya sebagai masker wajah, berikut manfaat yang bisa kamu peroleh,

1. Menyamarkan Bekas Jerawat
Jerawat menjadi masalah yang paling menyebalkan bagi setiap wanita. Tidak hanya membuat rasa percaya diri berkurang, jerawat juga bisa meninggalkan bekas yang membuat penampilan terlihat kurang menarik. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan masker kopi sebagai salah satu cara menyamarkan bekas jerawat di wajah. Dengan mencampurkan masker kopi dan madu serta menggunakannya secara rutin, bekas jerawat akan menipis dan hilang.

2. Menyamarkan Mata Panda
Manfaat kopi untuk wajah tidak hanya menyamarkan bekas jerawat tapi juga mata panda bisa teratasi. Mata panda atau lingkaran mata yang gelap sering muncul akibat begadang ataupun penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu, kandungan kafein yang ada pada kopi dipercaya dapat membantu memperlebar peredaran darah di area sekitar mata. Kita hanya perlu mencampurkan kopi dan minyak zaitun sampai berbentuk pasta. Kemudian aplikasikan masker kopi tersebut di area mata panda, diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan.

3. Mengecilkan Pori-Pori Wajah
Pori-pori yang besar akan membuat wajah lebih mudah berminyak dan menimbulkan kemungkinan besar timbulnya jerawat dan komedo. Untuk itu dengan menggunakan masker kopi secara rutin, pori-pori wajah akan mengecil dan menyeimbangkan kadar minyak berlebih. Itu artinya jerawat dan komedo juga akan hilang.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati
Manfaat kopi untuk wajah selanjutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati menjadi salah satu penyebab kulit wajah terlihat kusam. Untuk itu kita bisa melakukan deep cleaning menggunakan scrub berbahan dasar campuran kopi dan susu sapi murni.

5. Mencegah Penuaan Dini
Usia boleh saja bertambah tua, tapi dengan memanfaatkan masker kopi kita bisa mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam kopi akan bekerja sebagai anti aging, dimana polifenol yang terkandung di dalamnya dapat menangkal radikal bebas, memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar UV sehingga menyebabkan penuaan dini. Manfaat kopi disini akan menyamarkan flek hitam dan kerutan pada wajah yang menjadi salah satu tanda penuaan dini.

6. Menghaluskan Kulit Wajah
Sel kulit mati yang berlebih pada wajah tidak hanya menyebabkan wajah menjadi kusam tapi juga kasar. Untuk itu, kita bisa menggunakan masker kopi secara rutin sebagai salah satu cara menghaluskan kulit.

7. Antioksidan
Antioksidan menjadi salah satu kandungan yang diperlukan oleh tubuh untuk mencegah radikal bebas. Meskipun tubuh kita secara alami memproduksi antioksidan, tapi semakin bertambahnya usia antioksidan yang diproduksi akan berkurang. Untuk itu kita bisa menggunakan masker kopi sebagai antioksidan tambahan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

8. Merawat Kulit Terbakar
Manfaat kopi untuk wajah selanjutnya adalah merawat kulit yang terbakar akibat sinar UV. Terpapar sinar UV yang berlebih akibat aktivitas diluar rumah akan mengakibatkan kulit terbakar dan iritasi. Oleh sebab itu, kita bisa menggunakan campuran kopi dan es batu, kemudian celupkan handuk ke dalamnya dan aplikasikan pada kulit wajah. Efeknya kulit akan terasa shoting dan calming.

Itu dia manfaat kopi untuk wajah yang bisa kita coba di rumah. Selain nikmat saat diseduh ternyata kopi juga menyimpan segudang manfaat yang bisa kita aplikasikan sebagai masker wajah. Tapi bagaimanakah manfaat kopi untuk kulit yang juga bisa digunakan sebagai body scrub?

Manfaat Kopi Untuk Kulit

Seperti halnya yang kita ketahui, kopi memiliki manfaat yang cukup banyak bagi wajah. Tidak cukup bermanfaat saat digunakan sebagai masker wajah, kopi juga bermanfaat untuk kulit saat dijadikan sebagai body scrub, manfaat tersebut antara lain,

1. Memiliki Efek Menenangkan
Meskipun saat diseduh kopi memiliki kadar kafein yang terkenal sebagai efek stimulasi di dalam tubuh, namun berbeda saat di oleskan dan menjadi body scrub. Efek antioksidan yang terkandung didalamnya serta aroma khas bakal bikin kita lebih rileks dan tenang.

2. Mengurangi Selulit
Selulit adalah timbunan lemak dibawah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Dengan memanfaatkan kopi sebagai body scrub, pembuluh darah dibawah kulit akan melebar sehingga meningkatkan aliran darah. Kandungan kopi yang berperan penting disini adalah kafein. Dimana nantinya butiran-butiran biji kopi  akan mengeksfoliasi kulit sehingga membuatnya terlihat halus dan cerah merata.

3. Mencegah Kanker Kulit
Kopi juga kaya akan kandungan vitamin B3 atau niasin. Pemecahan senyawa kunci trigonelin akan terurai menjadi niasin setelah mengalami proses pemanggangan. Hal inilah yang membuat kopi dapat mencegah penyakit kanker non-melanoma menurut Yayasan Kanker Kulit.

4. Menghilangkan Bau Kaki
Tidak hanya menghaluskan kulit dan antioksidan, kopi juga dapat menghilangkan bau kaki. Untuk itu, bagi kita yang bermasalah dengan bau kaki menggunakan scrub kopi secara rutin dapat mengurangi permasalah tersebut.

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat kopi untuk kulit maupun wajah, ternyata cara pembuatannya juga cukup mudah. Untuk itu, bagi kalian yang sedang memiliki banyak waktu di rumah saja apalagi seperti sekarang bisa banget mencoba cara membuat masker kopi berikut ini.

1. Cara Membuat Masker Kopi Untuk Kulit Kusam
Campurkan bubuk kopi dan air mawar, kemudian aduk rata dan oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas menggunakan air. Lakukan kegiatan tersebut selama 2 kali dalam satu minggu untuk hasil maksimal.

2. Cara Membuat Masker Kopi Untuk Menghilangkan Jerawat dan Komedo
Siapkan dua sendok air perasan jeruk nipis dan campur dengan bubuk kopi, kemudian aduk rata sampai berbentuk pasta. Oleskan pada wajah kemudian diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dan keringkan menggunakan handuk. Jangan lupa bersihkan wajah sebelum menggunakan masker kopi ini.

3. Cara Membuat Masker Kopi Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati
Campurkan minyak zaitun, gula secukupnya dan 2 sendok bubuk kopi, kemudian aduk sampai mengental. Oleskan pada bagian wajah dengan gerakan memutar secara perlahan sampai sel kulit mati terangkat. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air.

Efek Samping Masker Kopi

Pada dasarnya manfaat kopi untuk wajah sangatlah beragam. Tapi perlu kamu ketahui tidak hanya bermanfaat, tapi masker kopi juga memiliki efek samping. Meskipun terbilang bisa digunakan oleh semua jenis kulit, masker kopi jika sering digunakan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh karena itu, disarankan hanya menggunakannya 1 – 2 kali saja seminggu. Dan bagi kalian yang baru mencoba menggunakan masker kopi dianjurkan mencobanya sekali dalam seminggu.

Jika tidak terjadi permasalahan pada kulit bisa meneruskannya 2 kali seminggu. Tidak hanya itu, karena bubuk kopi diaplikasikan dengan bahan-bahan alami lainnya, usahakan kamu mengerti takaran yang pas. Apabila takarannya salah justru berakibat buruk bagi kesehatan kulit. Apabila terasa gatal-gatal atau alergi khususnya bagi kulit sensitif, hentikan pemakaian masker kopi dan usahakan langsung konsultasikan ke dokter.

Bagaimana ? Memang sangat banyak manfaat kopi untuk wajah ya. Meskipun memang banyak khasiat yang bisa kita dapatkan, namun kalian harus tetap memperhatikan tipe kulit. Selain itu, khasiat dari penggunaannya pun juga tidak bisa secara instan, jadi kalian harus rajin dan konsisten melakukan perawatan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.