Tips Menghemat Air Di Kamar Mandi

Terutama bila musim kemarau datang menjelang, bagi yang belum terhubung ke jasa air berlangganan seperti PAM, biasanya akan mulai panik ketika pompa air mulai enggan mengeluarkan air dari dalam tanah.

Kita sering lupa bahwa kita harus cukup menabung air di dalam tanah dan mengontrol pemakaian air tanah agar ketika musim kemarau tiba, masih ada air yang tersimpan di dalam tanah. Untuk menabung air hujan, bisa dibaca tipsnya di sini.

Disini kita akan mempelajari bagaimana cara menghemat air dalam penggunaan sehari-hari, terutama untuk kebutuhan di kamar mandi. Karena merupakan salah satu tempat di rumah kita yang paling banyak menghabiskan air.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam upaya menghemat penggunaan air di kamar mandi :

1. Gunakan yang dapat mengatur besar kecilnya pengeluaran air, atau toilet dual flush. Toilet dual flush memiliki dua tombol flush yang berbeda jumlah airnya. Sehingga kamu tidak perlu menggelontorkan air sama banyaknya untuk keperluan bilas yang berbeda.

Tips Lainnya :   Tips Menghemat Tagihan Listrik

2. Masukkan air di tangki WC. Memasukkan botol kemasan yang diisi air dalam tangki WC merupakan salah satu cara paling efektif, mudah, dan murah untuk menggurangi pengunaan air saat flushing. Dalam 1 hari, kita membuang air sebanyak 2.5 botol galon air bersih hanya untuk membilas toilet. Dengan botol air, kita bisa menghemat antara 15-20 liter per hari.

3. Hidupkan keran air dengan aliran yang paling kecil saat mengisi bak mandi.

4. Mandi dengan menggunakan pancuran/shower akan lebih menghemat air daripada dengan menciduk air dari bak mandi. Shower dengan lubang yang paling kecil akan semakin menghemat pemakaian air. Beberapa shower biasanya sudah melengkapi dirinya dengan pilihan besar lobang Shower head yang berbeda-beda, sehingga kita bisa menggunakan sesuai kebutuhan.

Tips Lainnya :   Mengatasi Kamar Mandi Pengap

5. Tidak mandi terlalu lama, tetapi cukup 5 menit. Dengan mandi selama 5 menit, kita hanya menghabiskan air bersih sekitar 30 liter saja, daripada menggunakan bathtub yang bisa menghabiskan air 60 liter.

6. Menutup keran saat menggosok gigi. Kadang karena capek, kita lupa mematikan keran saat sikat gigi. Tapi, membiarkan keran terbuka selama 1 menit sama dengan membuang 1 galon air bersih sehari.

7. Matikan keran air, saat menyabuni badan, keramas dan menggosok gigi. Tanpa kita sadari membiarkan keran air saat kita tidak menggunakannya adalah pemborosan air yang harus kita hindai.

8. Jika anda dikeramas, sebelum bilasan terakhir sabuni terlebih dahulu badan anda. Agar air dari hasil bilasan /siraman pada rambut dapat terpakai untuk membersihkan busa yang menempel ditubuh anda.

Tips Lainnya :   Memanfaatkan Botol Parfum Bekas

9. Awasi jalur pipa air dan keran air jangan sampai bocor. Bila rata-rata bocor tadi adalah satu tetes per detik, itu sama saja hasilnya dengan pemborosan 25 liter air per hari atau 10.000 liter per tahun. Bayangkan!

10. Gunakan air bekas mandi dan untuk menyiram tanaman di pagi dan sore hari. Jadi, sebaiknya pilih dan gunakan yang ramah lingkungan.

Cek Yang Ini:

1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.