Mengatasi Hama Ulat

Ilustrasi Sayur Kol | Img:freeimages.com
Artikel ini bagian 10 dari 11 dalam serial Mengusir Hewan Pengganggu
Ilustrasi Sayur Kol | Img:freeimages.com
Ilustrasi Sayur Kol | Img:freeimages.com

ulat adalah salah satu hama yang paling sering menyerang tanaman, baik tanaman buah atau tanaman sayur. Untuk tanaman sayur kol misalnya, hama ulat dikenal khusus dengan nama cabbage moth grub. Hanya dalam waktu singkat ulat mampu menghabiskan satu buah kol. Hal ini tentu membutuhkan solusi, jadi bagaimana cara kita mengatasi ulat ini?

Cara paling cepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan memberikan kimia. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba memberikan pestisida alami, selain lebih murah secara ekonomis, pestisida alami mudah pembuatannya dan ramah serta aman bagi lingkungan kita. Untuk mempelajari lebih jauh tentang pestisida ini, silahkan membaca artikel sebelumnya, yaitu artikel serial Membuat Alami dan artikel Kelebihan dan Kekurangan Alami.

Jadi, bagaimana cara kita mengatasi ulat ini? Ada dua cara mudah untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut.

Cara Pertama. Taburkan terigu pada tanaman kol, sampai dia membentuk lapisan tipis. Biarkan selama 2 hari dan setelah itu bersihkan tepung dari tanaman. Niscaya ulat sudah menghilang. Hal ini terjadi karena butiran tepung yang ditaburkan akan menghambat pernapasan ulat sehingga dia mati.

Baca juga Tips Membuat Kebun Organik di Rumah

Cara Kedua. Campurkan dengan bekas. Aduk rata. Oleskan campuran kapur dan oli ini pada ranting atau batang yang sering dilalui ulat. Nisyaca ulat pun akan mati.

Hola, mudah bukan? Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Tanaman Pengusir HamaReview Lampu Penangkap Nyamuk Merek Hori

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.