Membuat Pestisida Organik dari Daun Pepaya

Ilustrasi Daun Pepaya | Img:freeimages.com

Kebun kita memerlukan khusus untuk menghalau hama yang kerap datang mengganggu dan merusak. Bagi tanaman sayur, hama yang sering menjadi masalah diantaranya adalah belalang dan ulat putih. Alih-alih menggunakan kimia, kita bisa membuat untuk menyelesaikan masalah ini. Bahkan, banyak jenis pestisida organik yang bisa kita buat sendiri.

Dalam tulisan sebelumnya, kita sudah membahas beberapa cara membuat pestisida organik, diantara bisa dengan menggunakan cabe merah keriting, daun buah tomat, atau memanfaatkan ampas kopi. Pastikan Anda membaca semua serial ini untuk bisa membuat beragam macam pestisida organik Anda sendiri.

Keuntungan membuat setidaknya ada dua hal, pertama dia lebih ramah lingkungan dan kedua, bernilai ekonomis untuk kita pribadi. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya.

Kali ini, kita akan membuat salah satu jenis lainnya, yaitu dengan menggunakan daun pepaya. Caranya sebagai berikut.

Tumbuklah 1 kg dalam 1 liter air sampai lumat (hancur). Tentu menumbuk daun pepaya juga bisa digantikan dengan cara menghancurkannya dengan dengan sedikit air lalu mencampurnya dengan 1 liter air. Simpan larutan daun pepaya hancur ini selama minimal 1×24 jam sebelum disaring. Lalu kemudian tiriskan dan saring dengan kain halus. Penyaringan dengan kain halus ini untuk mencegah terjadinya penyumbatan di sprayer. Setelah disaring dan dimasukkan ke spray, larutan daun pepaya ini bisa langsung disemprotkan secara teratur kepada tanaman yang terserang hama.

Jangan lupa lakukan penyemprotan ini pada pagi hari sebelum jam 8 pagi atau sore hari setelah jam 4 sore agar lebih efektif, karena pada jam-jam tersebutlah para hama tersebut sedang aktif berada di tanaman kita.

Selamat mencoba 🙂

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.