Mengenal Gulma dan Macam Jenisnya

Ilustrasi Rumput | Img:freeimages.com
Ilustrasi Rumput | Img:freeimages.com
Ilustrasi Rumput | Img:freeimages.com

menurut definisi ilmiah secara umum adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan di lahan pertanian atau kebun karena bisa menurunkan hasil yang bisa dicapai tanaman produksi. Namun dalam konteks kita memiliki taman pribadi, gulma ini pun bisa tumbuh. Yuk, mari kita lebih jauh mengenal gulma dan macam jenisnya agar kita bisa mengantisipasinya secara tepat. Sebab, keberadaan gulma secara langsung maupun tidak langsung akan merugikan tanaman kita.

Secara umum, bisa digolongkan ke dalam empat kelompok besar, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Teki-tekian (Sedges)

Dalam bahasa orang awam, ini adalah jenis yang paling kuat dan “bandel” dan mampu bertahan berbulan-bulan. Kelompok ini mencakup semua anggota Cyperaceae (suku teki-tekian) yang menjadi gulma. Contoh: teki ladang (Cyperus rotundus), udelan (Cyperus kyllingia), dan Scirpus maritimus.

Kedua, Rumput-rumputan (Grasses)

Bentuk golongan rerumputan ini bervariasi, contohnya ada yang bentuknya tegak, ada yang menjalar, ada yang hidup semusim, namun ada juga yang mampu hidup tahunan. Contoh gulma rerumputan adalah Panicum repens, Eleusine indica, Axonopus compressus dan masih banyak lagi. Nah, dalam golongan rerumputan inilah yang biasanya paling banyak kita jumpai dalam taman atau kebun pribadi kita.

Ketiga, Daun Lebar (Board leaf)

ini biasanya tumbuh pada akhir masa tanaman. Contoh gulma ini Ceplukan (Physalis angulata L), Wedusan (Ageratum conyzoides L.), Sembung rambut (Mikania michranta), dan Putri malu (Mimosa pudica).

Keempat, Pakis-pakisan (Fern)

Yang termasuk dalam gulma pakis-pakisan (Fern) misalnya Pakis kadal(Dryopteris Aridus) dan Pakis kinca (Neprolepsis Biserata).

Baca juga Cara Merawat Rumput di Musim Kemarau

Kehidupan Gulma Berdasarkan Habitatnya.

Berdasarkan habitat tumbuhnya terdapat gulma darat dan gulma air. Gulma darat merupakan gulma yang hidup didarat dan dapat merupakan gulma yang bisa hidup setahun, dua tahun, atau tahunan (tidak terbatas). Adapun gulma air merupakan gulma yang hidupnya berada di air.

Berbagai macam jenis gulma di atas membutuhkan penanganan tersendiri. Kita akan berbicara lebih tentang hal itu, namun tema pembicaraan kita terkait khusus dengan gulma yang menyerang taman atau kebun pribadi di rumah kita. Sampai bertemu di artikel berikutnya 🙂

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.