Kelebihan dan Kekurangan Pestisida Organik

Ilutrasi Sayuran | Img:freeimages.com
Artikel ini bagian 1 dari 5 dalam serial Pestisida Organik

Kali ini kita akan berbicara tentang kelebihan dan kekurangan pestisida organik. Hal ini penting untuk kita bahas agar kita semakin mengenal tentang kegunaan dan kerugiannya jika kita menggunakan untuk menghalau di taman atau kebun kita.

dikenal juga dengan nama pestisida nabati. Pestisida organik ini adalah ramuan alami pembasmi yang bahan-bahannya berasal dari alam, biasanya merupakan ekstrak tanaman tertentu yang memiliki efek positif dalam membasmi hama tertentu.

ini mulai banyak diminati berbagai kalangan, termasuk para petani tentunya, salah satunya karena semakin tingginya harga pestisida kimiawi. Selain itu, kampanye go-organic jelas memberikan efek positif dalam perkembangan hal ini. Hal ini karena kampanye go-organic memberikan arahan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan ramah bagi kesehatan lingkungan.

Ramuan bisa kita kerjakan sendiri dengan cara sederhana. Beberapa teknik yang digunakan untuk mengolah pestisida nabati diantaranya merendam, mengekstrak dan ataupun merebus bagian tertentu dari tanaman yang memiliki efek mengusir hama.

Kelebihan Pestisida Organik?

Namun, sebagaimana pestisida kimia, juga memiliki kelebihan dan kekurangannya . Kali ini kita akan berbicara tentang beberapa kelebihan pestisida organik, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Cara pembuatannya relatif lebih mudah dan murah, sehingga dalam skala kecil dan pribadi bisa membuatnya sendiri dan tidak menutup kemungkinan untuk membuatnya menjadi industri rumah tangga.

Kedua, dikenal cukup ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan efek negatif bagi lingkungan dan aman untuk digunakan.

Ketiga, Resiko adanya keracunan pada tanaman sangat kecil sehingga tanaman yang diberikan jauh lebih sehat dan aman dari pencemaran zat kimia yang berbahaya.

Keempat, Jika diberikan pada tanaman sayuran atau buah-buahan, maka hasil pertanian yang dihasilkan lebih sehat serta terbebas dari residu pestisida kimiawi.

Kekurangan Pestisida Organik atau Pestisida Nabati

Setelah membahas kelebihannya maka kali ini kita akan membahas kekurangan pestisida organik. Beberapa kekurangannya sebagai berikut :

Pertama, Jika dibandingkan dengan daya kerja pestisida kimia, maka kerja pestisida nabati cenderung lebih lambat. Artinya, hasil dari pestisida organik tidak bisa terlihat dalam jangka waktu yang cepat.

Kedua, Pestisida organik umumnya tidak langsung membunuh sasaran, tetapi dia mampu mengusir dan menyebabkan hama tidak mendekati tanaman. Sebaliknya, pestisida kimia dalam waktu cepat akan mematikan hama sasaran.

Ketiga, Jika salah dalam cara menyimpannya, pestisida organik cenderung mudah rusak dan perlu diingat pestisida organik umumnya tidak tahan terhadap sinar matahari.

Keempat, Pestisida organik tidak tahan lama dan artinya dia harus segera digunakan setelah dibuat. Hal ini perlu menjadi pertimbangan jika kita ingin membuat pestisida alami dalam jumlah banyak.

Kelima, Secara umum, penyemprotan pestisida organik perlu dilakukan berulang-ulang dan artinya hal ini cukup menyita waktu dan diperlukan ketelitian.

Inilah beberapa kelebihan dan kelemahan pestisida organik, semoga semakin menambah pengetahuan kita akan kegunaan dan kekurangan memakai pestisida organik ini. Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Membuat Pestisida Organik dari Cabe Merah

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.