9 Kesalahan Mencuci Pakaian

Ilustrasi Pakaian | Img:freeimages.com

Saat kita pakaian, baik dengan mesin cuci atau tangan, maka ada beberapa kesalahan yang mungkin terjadi karena salah dalam cara mencucinya. Apa saja hal itu? Simak beberapa hal berikut yang mungkin pernah Anda alami sendiri.

Kesalahan pertama, Ukuran sweater kesayangan mengecil

Kenapa hal tersebut terjadi? Solusinya jangan memakai air yang terlalu panas atau meninggalkan sweater kesayangan di mesin pengering terlalu lama. Melakukan salah satu dari dua hal tersebut bisa membuat sweater mengecil.

Namun, jika sudah terjadi, masih ada cara memperbaikinya. Masukkan tiga sendok kondisioner ke dalam air dengan suhu kamar. Rendam sweater selama kurang lebih lima menit, lalu tariklah sweater secara perlahan-lahan dan bentuk ke ukuran semula.

Kesalahan kedua, Melalaikan noda

Beberapa noda justru sulit dibersihkan dengan air dan tidak semua noda bisa hilang dengan air panas. Cara terbaik adalah pisahkan pakaian yang terkena noda. Anda harus mencari tahu bagaimana cara hilangkan noda khusus tersebut, pastikan Anda tahu asal muasal noda tersebut untuk memudahkan mencari cara menghilangkan noda tersebut.

Kesalahan ketiga, Menaruh baju terlalu lama di mesin pengering

Hal ini biasa terjadi saat dengan mesin cuci yang memiliki dryer atau pengering terpisah. Akibat terlalu lama didalam dryer, baju jadi terlalu kusut. Untuk memperbaikinya, masukkan kembali baju tersebut ke mesin pengering bersamaan dengan handuk yang basah.

Kesalahan keempat, Lupa membaca petunjuk pencucian

Di setiap pakaian, biasanya ada petunjuk bagaimana harus pakaian tersebut. Misalnya apakah boleh mencuci dengan air panas atau hanya boleh dengan air dingin. Boleh dikeringkan atau tidak dan lain-lain.

Jika petunjuk itu dilupakan, seringnya pakaian yang kita cuci bisa kusut, warnanya memudar, atau kerusakan lainnya. Karena itu, terutama untuk pakaian berbahan khusus dan mahal, jangan lupa melihat petunjuk pencucian sebelum mencuci.

Kesalahan kelima, Terlalu banyak

Tidak sedikit orang yang menuangkan banyak sekali atau cuci ke mesin cuci mereka. Tindakan tersebut bisa menyebabkan pakaian cepat kusam dan mesin cuci rusak. Sebelum mencuci, baca petunjuk yang ada di deterjen sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Dan bila pakaian tidak terlalu kotor, tidak membutuhkan banyak deterjen untuk mencucinya.

Kesalahan keenam, Lupa memisahkan pakaian

Kesalahan ini bisa membuat pakaian putih menjadi berwarna karena terkena pakaian berwarna yang luntur. Sebaiknya, pisahkan cucian sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Sortir menjadi tiga bagian, pakaian berwarna, pakaian gelap, dan pakaian putih. Untuk pakaian berwarna kuat seperti merah, oranye dan hijau sebaiknya dipisahkan dengan cucian yang lain karena biasanya berpotensi luntur.

Kesalahan ketujuh, Lupa mengosongkan kantong dan menutup ritsleting

Selalu periksa kantong pakaian atau celana yang akan dicuci. Bunda tentu tidak mau dompet dan isinya ikut tercuci. Hal yang sering terjadi gara-gara lupa mengosongkan kantong adalah tisu yang ikut tercuci sehingga tisu menempel di pakaian setelah kering.

Menutup ritsleting juga tidak kalah penting agar pakaian tidak sobek karena bagian tajam ritsleting bisa melukai pakaian lain saat dicuci bersama di dalam mesin cuci.

Kesalahan kedelapan, Mengisi mesin cuci terlalu penuh

Kadang kita memaksakan semua pakaian, padahal mesin cuci sudah terlalu penuh. Jangan lagi lakukan hal ini karena hasil cucian menjadi tidak maksimal.

Selain merusak mesin, membuat pakaian tidak tercuci dengan bersih. Akibatnya, pakaian akan berwarna kusam dan baunya tidak hilang walau sudah dicuci. Pastikan membagi proses menjadi dua bagian agar pakaian bisa dicuci dengan bersih dan mesin cuci tetap awet.

Kesalahan kesembilan, Tidak sempat menjemur

Cucian sudah wangi dan bersih, namun kita tidak sempat untuk menjemur atau mengeringkannya saat itu juga. Mungkin Anda berpikir cucian Anda bisa menunggu barang sejenak, yang penting cucian tersebut sudah bersih. Namun setelah beberapa saat, jangan kaget saat cucian berbau aneh seperti sesuatu yang berjamur. Akhirnya, kita malah harus kembali dengan cara merendam cucian lebih dulu agar bau apeknya hilang.

Demikian 9 kesalahan yang biasa terjadi saat kita mencuci. Semoga bisa membantu!

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

One Comment

  1. Artikel Mesin

    Memang betul masih banyak saat ini orang menyepelekan hal di atas. Artikel ini sangat bemanfaat, terima kasih banyak tipsrumah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.