6 Cara Mendesain Dapur Cantik

Ilustrasi Dapur | Img;freeimages.com
Ilustrasi | Img;freeimages.com

Dapur merupakan wilayah yang sangat penting bagi sebagian besar ibu rumah tangga. Setujukah Bunda akan pernyataan ini? Kami yakin mayoritas Bunda akan setuju. Sebab, semua aktivitas rumah tangga berpusat disana. Bahkan, banyak juga yang menerima tamu dekat keluarga di ruangan dapur. Mempunyai desain dapur yang cantik bisa kita pelajari.

Nah Bunda, yuk kita simak beberapa hal penting berikut ini untuk mendesain dapur menjadi ruangan yang nyaman.

Pertama, Sesuaikan luas dapur dengan area yang ada. Tak perlu luas, dapur yang penting bersih dan nyaman.

Kedua, Pencahayaan dan

Penempatan dapur di dekat ruang terbuka sangat baik untuk sirkulasi udara. Sebab, segala dari hasil memasak dapat langsung mengalir keluar. Bila letak dapur jauh dari ruang terbuka, Bunda bisa menggunakan exhaust fan atau cooker hood.

Perlu diingat, cahaya matahari yang cukup sangat diperlukan untuk membunuh kuman atau bakteri. Bisa juga plafon atau atap dapat dibuat transparan sehingga cahaya matahari tetap dapat menerangi dapur Bunda.

Baca juga:   Mencegah Barang Lembab Berjamur di Musim Hujan

Ketiga, Pemilihan Material Dapur

Pilih material dapur dari bahan yang tahan uap dan panas. Untuk , keramik merupakan pilihan bagus. Selain relatif murah, perawatannya mudah. Namun, jangan lupa perhatikan motifnya. Jangan sampai dapur jadi sarang kotoran, debu, dan bekas minyak karena pemilihan motif keramik yang rumit.

Keempat, Kitchen Set

Dalam menentukan kitchen set, pilih yang berbahan dasar plywood. Bahan ini kuat dan gampang dibersihkan. Namun, bila budget belum cukup, Bunda bisa memilih kitchen set berbahan alumunium atau stainless steel. Yang perlu diingat adalah sesuaikan design kitchen set dengan konsep dapur dan rumah. Keselarasan ide tetap harus dijaga.

Kelima, Kebersihan

Kesehatan keluarga adalah prioritas utama. Bila dapur kotor tak terawat, pasti banyak kuman dan bakteri yang dapat mengancam kesehatan seluruh anggota keluarga. Maka, pilihlah tempat sampah yang tertutup dan buang secara berkala. Jangan biarkan ada lalat di dapur.

Baca Juga 4 Cara Merawat Dapur Selalu Bersih

Keenam, Percantik Dapur

Letakkan beberapa pajangan di tempat terjangkau sehingga tidak sulit untuk membersihkannya. Hola, dapur tampil jelita dan Bunda pasti betah untuk berlama-lama di dapur cantik untuk berkreasi untuk keluarga tercinta.

Baca juga:   Merawat Panci Anti Lengket

Selamat mencoba Bunda 🙂

Artikel dalam Serial ini: 6 Kiat Merapikan Ruang KeluargaMemanfaatkan Botol Bekas (1)