Cara Menyimpan Sayur Yang Sudah Dipotong

Seusai berbelanja, kamu mungkin punya kebiasaan langsung membersihkan sayur-sayuran yang barusan dibeli lalu dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan memasak. Namun sayuran yang sudah dipotong ini, ada kalanya tidak sempat kamu masak pada hari itu juga. Lalu bagaimana caranya menyimpan sayur-sayuran yang sudah dipotong-potong ini agar masih segar dan bisa digunakan lagi mungkin beberapa hari kemudian ?

Untuk menjaga kesegaran sayur yang sudah dipotong-potong ini, yang pasti kamu harus menyimpannya di dalam atau pendingin. Namun karena kulkas itu memberikan efek mengeringkan akibat suhu dinginnya tersebut, maka sayur-sayuran yang sudah dipotong haruslah dibungkus terlebih dahulu.

Jangan membungkus sayur-sayuran ini dengan kertas aluminium foil karena kertas aluminium bersifat korosif. Dan memang karena sifat korosifnya ini, sebaiknya makanan apapun jangan dibungkus langsung bersentuhan dengan kertas aluminium foil.

Untuk keperluan menyimpan sayuran ini, sebaiknya gunakan kertas coklat yang biasa digunakan untuk membungkus makanan matang. Letakkan sayur-sayuran di atas kertas coklat ini lalu dibungkus rapat, bila kemudian hendak Anda melapisi dengan kertas aluminium, hal ini dapat dilakukan.

Fungsi dari kertas coklat ini selain melindungi dari udara dingin dan kering kulkas, dia juga berfungsi menyerap kelembaban yang terjadi akibat penguapan dari sayuran itu sendiri. Jadi yang merusak sayuran dalam air, tidak hanya udara kering, tapi uap air yang dihasilkan si sayur juga bisa menyebabkan sayuran rusak.

Kalau sayurannya belum dipotong-potong, bisa juga menggunakan untuk membungkus sayuran ini. Jangan kuatir, tinta kertas koran sudah berbahan baku kedelai. Sebaiknya pakai kertas koran dari media yang terkemuka juga ya.

Atau kalau sulit juga menemukan di zaman serba digital ini, kamu bisa menggunakan towel atau tisu dapur. Jangan salah ya kitchen towel itu tidak sama dengan facial tissue atau tissue wajah yang lebih lembut dan gampang robek bila terkena air. Kitchen towel biasanya bertekstur lebih kasar dan kertasnya pun lebih kuat.

Nah kembali lagi ke cara menyimpan sayur potong, bila kamu berencana besok untuk menggunakan sayuran yang sudah dipotong-potong ini, bisa disimpan dengan cara meletakkannya di atas piring, lalu piring tersebut dilapisi dengan plastik lengket lembaran atau cling wrap. Lalu letakkan di dalam bagian paling bawah.

Besoknya sayuran bisa kamu segera olah menjadi masakan.

Semoga bermanfaat.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.