Cara Diet Sehat – Sarapan

Ilustrasi Breakfast |freeimages.com
Ilustrasi Breakfast |img:freeimages.com

Mengelola asupan makanan saat kita sedang adalah sesuatu yang penting. bukan berarti mengurangi jumlah makanan ataupun memakan jenis makanan yang itu-itu saja. yang benar adalah mengatur apa yang kita makan. Banyak sekali metode yang bisa dilakukan oleh tiap orang.

Di bawah ini, kami merangkum cara diet sehat dari berbagai sumber untuk referensi anda. Tulisan ini terbagi atas : Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam.

Jangan lupa konsumsi buah-buahan

Masukkan buah-buahan dalam menu sarapan. Serat yang terkandung di dalamnya mampu membuat Anda merasa lebih kenyang. Namun, untuk memotong pemasukan kalori, hindari buah dalam bentuk jus.

Contoh, segelas jus jeruk mengandung 120 kalori, tapi harus diingat buah jeruk hanya mengandung 60 kalori. Hemat dan tetap memenuhi asupan vitamin C yang disarankan. Kalau merasa bosan, Anda bisa mencampur buah dengan plain yoghurt.

Jangan hindari karbohidrat

Anita Bean, penulis buku Fitness on a Plate, menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat saat sarapan ketimbang pada sore atau malam hari. Alasannya, karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari ini lebih banyak diubah menjadi energi dan membantu memacu kerja metabolisme, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih efisien sepanjang hari.

Pilih menu tinggi serat

Berdasarkan suatu studi, mereka yang dalam sehari mengkonsumsi makanan rendah lemak dan 26 gr serat per 1000 kalori akan lebih cepat menurunkan bobot tubuh ketimbang mereka yang hanya mengkonsumsi 7 gr serat sehari. Pilih menu seperti buah, sayur, roti gandum, oatmeal, atau sereal yang mengandung gandum.

Ganti Anda dengan hijau

Minum hanya dua gelas teh hijau setiap hari dapat membantu membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari. Kandungan antioksidan yaitu katein dan flavonoidnya dipercaya dapat meningkatkan kerja metabolisme. Selain itu, teh hijau berpotensi menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung.

full cream atau low fat ?

Konsumsilah susu rendah lemak atau bahkan susu tanpa lemak yang dapat menghemat hampir 100 kalori, tetapi mengandung lebih banyak kalsium daripada susu full cream. Selain menguatkan tulang, kalsiumnya berperan memacu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak.

Baca Juga Trik Menurunkan Berat Badan

Banyak minum air putih

Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan haus. Saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), Anda akan mengkonsumsi makanan, (yang sebetulnya tidak perlu Anda konsumsi) lalu, bagaimana cara membedakannya? Minum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah Anda masih lapar. Jika ya, berarti Anda memang lapar.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *