Cara Membersihkan Oven

Ilustrasi Merawat Oven | Img:freeimages.com
Ilustrasi Merawat Oven | Img:freeimages.com

Bagi Anda yang menyukai kegiatan memasak kue pastinya mengenal benda ini; oven. Benda yang sangat berguna untuk kita membuat panganan spesial untuk anggota keluarga. Sayangnya, tak jarang setelah digunakan, oven Anda ‘ternoda’ oleh cipratan ataupun lelehan bahan. Tak perlu kuatir. Semua dapat teratasi hanya dengan dan .

Berikut beberapa tips untuk merawat oven Anda.

1. Sisa makanan

Untuk mengatasi sisa makanan kita bisa gunakan soda kue atau baking soda. Caranya, campur soda kue dengan air, gosok-gosokkan pada dinding dan dasar oven, lalu nyalakan oven tersebut dengan panas yang rendah selama 30 menit. Sisa-sisa makanan yang menempel menjadi kering dan lebih mudah dibersihkan.

2. Minyak atau lemak

Untuk mengatasi minyak atau lemak, taburkanlah garam saat oven masih panas. Setelah dingin, sikatlah dengan sikat kasar. Kita juga bisa membersihkan bagian dalam oven tanpa menggores lapisannya. Caranya, bubuhkan sedikit soda kue yang telah halus di atas spons lembab dan gosokkan.

Selain merawat, kita harus memperhatikan bagaimana menggunakan oven dengan efisien sehingga tidak berdampak pada pembengkakan tagihan listrik Anda.

Ada cara sederhana untuk hal tersebut. Untuk menghemat listrik atau energi dan agar hasil panggangan maksimal, jangan bolak-balik membuka-tutup pintu oven, cukup longok dari jendela oven. Sebab, setiap kali membuka pintu oven, temperatur oven akan turun sebesar 25 derajat Celcius.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *