Cara Memilih Pisau Dapur Yang Bagus dan Cara Menyimpan Pisau

Pisau yang tajam dan cantik pasti menjadi teman sehari-hari kita saat di dapur, bukan? Kita tahu pisau adalah salah satu alat penting untuk memasak. Bahkan bagi seorang chef, pisau merupakan “senjata” andalannya sekaligus kebanggaannya. Karenanya, memilih pisau yang tepat untuk menemani kita di dapur sehari-hari perlu untuk kita bahas. Yuk, kita bahas lebih jauh tentang hal ini.

Tips Memilih

adalah andalan kita di dapur. Pisau dapur yang tajam dan enak dipegang akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan kita di dapur. Jenis-jenis pisau dapur pun cukup banyak disesuaikan dengan peruntukannya. Jenis-jenis pisau dapur bisa dilihat di artikel : Mengenal 5 Macam Pisau Dapur dan Fungsinya

1. Memilih Bahan

a. Pisau Berbahan Stainless steel

Pilihlah pisau yang berbahan stainless steel agar dia awet, tidak berkarat, dan mudah dibersihkan. Selain itu, bahan stainless steel aman sehingga tidak akan mengontaminasi makanan kita. Pilihlah bahan pisau stainless steel yang berkilau lembut dan tidak kinclong. Bahan yang kinclong malah biasanya menandakan pisau yang gampang berkarat.

b. Pisau Berbahan Keramik (bukan coating)

Selain pisau berbahan stanless steel, ada juga pisau berbahan yang juga sangat tajam dan pastinya tidak akan berkarat. Pisau berbahan keramik yang berkualitas baik dijual dengan harga yang tidak murah. Keunggulan pisau berbahan keramik adalah tidak akan bereaksi terhadap bahan makanan apapun baik yang bersifat asam. Namun pisau keramik memiliki kelemahan yang cukup signifikan yaitu gampang patah dan pecah bila terjatuh. Karena itu jangan gunakan pisau keramik untuk menggeprek bawang putih ya.

Tips Lainnya :   Cara Membersihkan Oven
PIsau Berwarna Putih yang Estetik | Kohana

Beli Pisau Warna Putih Estetik di Kohana – Tokopedia, bisa Free Ongkir Lho!

Pisau populer di kalangan ibu-ibu yang mempersiapkan MPASI untuk buah hatinya. Dikarenakan pisau keramik selain tajam juga tidak bereaksi terhadap kandungan asam yang biasanya ada pada buah-buahan yang disantap si kecil. Selain itu pisau keramik juga tidak meninggalkan bau makanan.

Set pisau lengkap dengan gunting dan peeler | Setsu Tech

Beli Pisau Berkualitas dengan Harga Bersahabat di Setsu Tech Tokopedia, bisa Free Ongkir lho!

Selain pisau untuk memotong-motong bahan makanan, gunting juga sering digunakan untuk memotong masakan yang sudah matang menjadi potongan-potongan yang lebih kecil sehingga mudah untuk dikonsumsi oleh si Kecil. Memiliki satu set pisau keramik lengkap dengan gunting dan peeler akan sangat memudahkan dalam mempersiapkan makanan si kecil.

Tips Lainnya :   Cara Praktis Membersihkan Payung

2. Memilih Pegangan Pisau yang Tepat

Jika kita sering memakai pisau dapur untuk keperluan sehari-hari, maka pegangan kayu mempunyai keuntungan tersendiri. Sebab, pisau dengan pegangan kayu tidak akan mudah terlepas oleh tangan, meski kita memegang dengan tangan basah.

Namun, jika pisau yang kita pilih memiliki pegangan berbahan plastik, maka pilihlah pegangan plastik dengan tekstur yang kasar karena akan lebih aman.

Tips Merawat dan Menyimpan Pisau Dapur agar Awet

Cara kita menyimpan pisau dapur akan sangat mempengaruhi keawetan pisau dapur kita dalam jangka panjang. Apa saja yang harus kita perhatikan saat menyimpan pisau dapur dan juga tips perawatan pisau:

  1. Jangan menyimpan pisau begitu saja dalam keadaan basah, karena pisau bisa berkarat dan pegangan pisau yang terbuat dari kayu juga akan berjamur. Karena itu, pastikan pisau yang akan disimpan sudah dalam keadaan bersih dan kering.
  2. Jika pisau yang berbahan stainless steel akan disimpan untuk waktu lama, oleskan minyak sayur pada mata pisau. Setelah itu, serap kelebihan minyak sayur pisau dengan tisu dan bungkus pisau dengan menggunakan kertas minyak atau tisu dapur yang tebal.
  3. Untuk menjaga ketajamannya, asah pisau secara teratur. Untuk pisau pemotong daging, asahlah 2 – 3 hari sekali. Untuk Pisah sayur dan buah, bisa diasah 2 minggu sekali.
  4. Untuk menjaga ketajaman pisau, jangan gunakan pisau dapur untuk memotong bahan-bahan yang keras seperti membuka botol atau mengencangkan sekrup.
  5. Setelah digunakan, cucilah pisau sesegera mungkin terutama sehabis digunakan untuk memotong bahan yang mengandung asam. Tujuannya agar warna mata pisau yang berbahan stainless steel ini tidak cepat berubah karena adanya reaksi logam terhadap asam.
  6. Hindari merendam pisau berlama-lama di dalam air. Sela-sela antara pegangan dan pisau berpotensi menyimpan air dan kelembaban yang sulit mengering. Sebisa mungkin setelah digunakan pisau segera dicuci dan langsung dikeringkan dengan kain lap bersih yang kering.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.