Membersihkan Aneka Noda pada Kain

Ilustrasi. Img:freeimages.com
Ilustrasi. Img:freeimages.com

Mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah mendapati -noda yang menyebalkan di pakaian. Sebut saja: tinta, cat rambut, keringat, lipstick, karat atau bahkan semen!

Di tips yang lalu pernah kita bahas tentang bagaimana menghilangkan noda darah dan noda lemak pada kain. Kali ini Anda dapat menemukan cara-cara mengatasi berbagai macam noda pada kain seperti yang dirangkum dalam tips ini.

1.Noda Lipstik. Anda dapat menggunakan mentega untuk membersihkan noda lipstik pada kain. Caranya? Basahi kain bersih kemudian olesi sedikit mentega. Sapukan pada bagian yang ternoda. Lalu cuci seperti biasa. Selain itu apabila noda lipstik mengenai bukan pada kain yang halus, anda juga bisa mengucek noda tersebut dengan sedikit minyak tanah agar noda lipstik hilang. Sebaiknya Anda coba dulu di bagian yang tidak tampak.

2. Noda Foundation. Bagi Anda yang gemar berdandan, hati-hati dengan make-up dan pakaian Anda. Salah-salah penampilan Anda bukan jadi menarik malah sebaliknya. Untuk mengatasi noda foundation pada pakaian, bubuhi tissue dengan make-up remover kemudian tepuk-tepukkan pada area yang terkena noda. Lalu cuci dengan tangan dan tak perlu disikat.

3. Noda Cat. Kupas cat yang tertempel di pakaian Anda dengan menggunakan benda tumpul (jangan menggunakan pisau atau cutter karena dapat merobek pakaian). Bila cat sudah terkupas dan masih ada noda cat yang tertinggal, gunakan spons bersih yang sudah dicelupkan ke thinner atau terpentin, lalu gosokkan spons ke noda cat sambil dikucek-kucek. Lalu cuci seperti biasa.

4. Noda Oli. Ambil sedikit mentega lalu oleskan pada noda oli, diamkan sekitar 30 menit, lalu cuci pakaian seperti biasa.

img:freeimages.com

Artikel dalam Serial ini: Cara Bersihkan Noda Darah pada PakaianCara Membersihkan Noda Tinta pada Kain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *