5 Manfaat Lemon untuk Rumah Kita

Ilustrasi Jeruk Lemon | Img:freeimages.com

Siapa yang tidak mengenal atau biasa disebut hanya dengan lemon? Buah kaya vitamin C yang harum ini selain digunakan sebagai bahan makanan dan minuman ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk rumah kita. Diantaranya lemon bisa berfungsi sebagai pengharum dan bahan alami. Yuk, kita bahas lebih jauh dalam 5 manfaat lemon untuk rumah kita.

Sebagaimana dikutip dari laman marthastewart.com, buah lemon bisa digunakan juga untuk membersihkan noda di baju dan membersihkan perkakas dapur. Bagaimana caranya?

Pertama, Mengkilapkan peralatan

Setelah sekian lama dipakai, beberapa peralatan yang terbuat dari stainless steel, seperti teko, panci, atau wajan bisa menguning atau bahkan menghitam. Kembalikan kilaunya dengan lemon dengan cara memotong lemon menjadi dua bagian dan gosokkan lemon di peralatan yang dinginkan.

Diamkan selama kurang lebih 5 menit dan keringkan menggunakan kering.

Kedua, Pengharum kulkas

Saat terlalu penuh dengan berbagai macam jenis makanan atau ada bahan makanan yang berbau, maka karena kulkas yang terbatas, kulkas akan mudah berbau. Gunakan lemon sebagai pengharum alami dengan merendam air lemon dalam sebuah mangkuk kecil, letakkan di beberapa sudut kulkas, maka secara otomatis harum lemon akan memenuhi kulkas.

Ketiga, Menghilangkan noda dan papan talenan

Karena fungsi papan talenan yang memotong berbagai macam bahan makanan, kadang noda atau baunya masih tertinggal. Terlebih papan talenan plastik yang berwarna putih. Untuk membersihkannya, potong lemon dan gosokkan di bagian permukaan talenan, diamkan selama 20 menit, lalu cuci seperti biasa.

Keempat, Menghilangkan noda di pakaian

Kita sering melihat noda kuning pada bagian ketiak baju yang berwarna putih, kadang noda ini disebabkan oleh deodorant. Gosok-gosokkan lemon di bagian baju yang bernoda tadi. Ulangi proses ini beberapa kali sampai noda perlahan menghilang.

Kelima, Sebagai Pemutih alami

Warna kemeja putih yang sudah lama sering terlihat kusam. Selain memakai pemutih kimia, kita bisa menggunakan lemon sebagai pemutih alami. Caranya, tambahkan perasan air lemon saat pakaian, baik ke dalam mesin cuci atau di dalam rendaman air cucian baju.

Hasilnya? Saat baju selesai dicuci, kemeja putih kita akan berwarna lebih terang dan mengeluarkan aroma lemon yang segar. Hmm.

Bagaimana, mudah untuk dipraktekkan bukan? Selamat mencoba 🙂

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

One Comment

  1. krestiana

    artikel yang sangat bermanfaat. saya baru tau jika lemon bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur terimakasih informasinya. besok kalau mau membersihkan peralatan dapur aku mau pakai lemon saja

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: