Trik Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

baju dengan mesin memang menawarkan kemudahan bagi kita. Memiliki mesin cuci tidak selalu berarti semua pakaian kotor bisa langsung dimasukkan ke dalam tabung mesin cuci dan mesin cuci langsung dijalankan. Dengan mengetahui apa saja yang harus diperhatikan ketika mencuci pakaian, kita bisa mendapatkan hasil cucian yang bersih maksimal.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan saat pakaian dengan mesin cuci:

Cara Pakaian dengan Mesin Cuci

Mesin cuci bisa pakaian dengan bersih, tapi mesin cuci tidak bisa memilah mana pakaian yang sangat kotor, mana pakaian yang tidak terlalu kotor, mana pakaian dari bahan yang halus, dan mana kain pel. Karena itu hal yang paling penting harus kita lakukan sebelum mencuci dengan mesin cuci adalah memilah-milah pakaian.

1. Pilah-pilah pakaian kotor

Pilah pakaian berdasarkan warna, jenis bahan dan tingkat kekotoran bahan. Pakaian berwarna pilah menjadi pakaian berwarna putih, berwarna terang dan berwarna gelap. Kenapa kita pisahkan pakaian berwarna dan pakaian putih? Ini bertujuan untuk menghindari pakaian putih terkena lunturan pakaian berwarna.

Memilah berdasar bahan pakaian bisa berdasarkan jenis bahan lembut seperti pakaian dalam, pakaian bayi, kaus kaki, kain halus seperti hijab dan juga bahan rajutan. Pemilahan berdasarkan bahan pakaian berguna untuk memastikan setting cuci pada mesin cuci memang sudah sesuai dengan bahan pakaian. Mesin cuci model terbaru sudah ada setting untuk bahan-bahan halus tertentu, seperti untuk pakaian bayi atau untuk khusus hijab.

Tips Lainnya :   Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi

Jangan membiarkan semua pakaian kotor tercampur, karena tiap jenis pakaian membutuhkan setting mesin yang berbeda. Khusus untuk pakaian dalam dan pakaian dari bahan halus lainnya, kami sarankan untuk tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci. Sebaiknya dicuci terpisah saja dengan tangan. Walaupun mungkin sudah tersedia kantung-kantung yang bisa dimasukkan pakaian dalam, tapi demi tetap menjaga kualitas pakaian terbaikmu, hindari mesin cuci.

2. Periksalah label mengenai cara pakaian

Bila tertera “Dry Clean Only”, maka pakaian itu harus dicuci tanpa air. Bawalah pakaian ke penyedia layanan dry clean dan kamu boleh melupakan niat untuk mencucinya sendiri bila ingin pakaian tersebut tetap dalam kondisi baik.

3. Balik semua baju dan celana yang hendak dicuci

Sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, sebaiknya semua baju dan celana dibalik dulu. Lakukan juga saat hendak dikeringkan. Hal ini bertujuan agar permukaan baju dan celana tidak cepat rusak dan warnanya tidak cepat memudar. Terutama bila pakaian yang dicuci tersebut tidak terlalu kotor.

Tips Lainnya :   Cara Membersihkan Microwave

4. Bersihkan noda terlebih dahulu

Bila ada noda pada pakaian, bersihkan terlebih dahulu sebelum memasukkan ke dalam mesin cuci dan mencucinya bersama pakaian yang lain. Noda tertentu tidak akan hilang hanya dengan putaran dan bantingan mesin cuci saja, kamu mungkin mesti merendam dan menyikatnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

5. Cucilah pakaian dengan air bersuhu ruang

dengan air suhu ruang adalah aktivitas mencuci yang paling efisien dan tidak memerlukan konsumsi listrik yang besar. Air panas kebanyakan tidak terlalu dibutuhkan untuk proses mencuci. Bahkan bila pakaian kita sangat kotor, disarankan untuk melakukan perendaman terpisah di ember dan disikat terlebih dahulu sehingga tidak memerlukan air panas.

6. Jangan melebihi kapasitas mesin cuci

Selain pakaian tidak bisa bersih maksimal, hal ini juga akan mempercepat rusaknya motor mesin cuci kamu. Apabila kamu harus bed cover yang tebal, sebaiknya pisahkan dari cucian pakaian lainnya.

7. Tidak perlu menggunakan terlalu banyak deterjen

Sebenarnya pakaian sehari-hari kita hanya membutuhkan 1/4 dari takaran detergen yang ada pada mesin cucimu untuk pakaian harian yang tidak terlalu kotor. Lagi pula kalau pun pakaianmu terlalu kotor, maka seperti dijelaskan di atas, kamu mesti merendamnya terlebih dahulu dan menyikat kotoran pada pakaian sebelum masuk ke dalam mesin cuci. Bahkan untuk solusi lebih hemat lingkungan, kamu tidak perlu menambahkan pewangi pakaian pada campuran detergenmu. Bila pakaianmu bersih dan kering dengan sempurna, niscaya tidak ada apapun pada pakaianmu.

Tips Lainnya :   Cara Mudah Menghilangkan Noda Jamur Pada Kain Lap

8. Satukan pasangannya dan buka kancing kemeja

Kamu mungkin ingin memastikan kaus kaki yang dicuci masih terus bersama pasangannya selama proses pencucian. Sebelum dimasukkan ke mesin cuci, kaitkan sepasang kaus kaki itu dengan peniti.

Dan untuk kemeja yang ada kancingnya, pastikan semua kancing telah dibuka. Kamu tentunya tidak ingin kancing baju kesayanganmu terputus karena tidak kuat menahan kuatnya putaran mesin cuci kan?

Demikian tips dan trik mencuci pakaian dengan mesin cuci. Semoga membantu.

Cek Yang Ini:

1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.