Tips Memilih Bibit Tanaman

Saat akan membeli bibit tanaman untuk atau kebun pribadi, ada beberapa hal yang harus kita pastikan agar kita tepat dalam memilih bibit tanaman. Sebab, memilih bibit yang sehat dan bagus merupakan langkah awal keberhasilah tumbuh kembangnya tanaman kelak. Apa saja kiat memilih bibit tanaman yang harus kita perhatikan?

Ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan saat akan memilih bibit tanaman, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Pilihlah tanaman dalam pot (atau dikenal dengan sebutan polibag) yang tanamannya lebih besar dari potnya. Hal ini mengindikasikan bahwa bibit tanaman itu sehat dan subur.

Tips Lainnya :   Buat Lubang Resapan Biopori, Cara Mudah Suburkan Tanah

Kedua, Pilihlah tanaman yang sehat dan segar. Ada beberapa tanda untuk tanaman yang sehat dan segar ini, yaitu:

1. Kulit batangnya mulus, sebab jika kulit batangnya ada bercak-bercak atau ditumbuhi serabut halus, bisa mengindikasikan tanaman tersebut kurang sehat.

2. Daunnya segar dan terlihat mengkilap.

3. Jika tanaman hias dengan bunga, maka pastikan kuncup bunganya terasa kuat menempel pada batang.

Ketiga, Pilihlah tanaman yang tidak memiliki bercak apapun, karena salah satu ciri umum tanaman yang sakit adalah memiliki bercak putih atau bintik kekuningan pada daunnya.

Tips Lainnya :   Obat Kumur Suplemen Tanaman

Keempat, Jangan memilih tanaman yang akarnya keluar dari karena artinya tanaman tersebut dirawat tidak cukup baik oleh penjualnya.

Baca juga Pupuk Mudah Tanaman Hias Pot

Selain ciri umum di atas, pastikan kita mencari tahu kepada penjualnya hal-hal spesifik tentang tanaman yang akan dibeli dan bagaimana cara merawatnya, misalnya apa kita perlu menyiramnya setiap hari, apa saja yang tepat bagi dia, dan apa tanaman tersebut bisa kita letakkan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung atau tidak. Semua informasi itu penting agar kita tidak salah merawatnya.

Tips Lainnya :   5 Tahap Mengecat Kamar Tidur

Bagaimana, tertarik berkebun? Kalau ya, selamat memilih bibit yang tepat 🙂

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.