Tuesday, October 20#PakaiMasker #StayAtHome

5 Cara Mengatur Dapur Aman Untuk Anak Kecil

adalah salah satu ruang yang sangat sering kita kunjungi, khususnya bagi para Bunda yang aktif memasak setiap harinya. Setiap Bunda pastinya ingin memiliki dapur yang indah dan rapi. Rapi disini sangat penting, karena dengan pengaturan yang tepat bisa membantu Bunda lebih mudah saat harus memasak atau menyiapkan makanan. Apalagi bila kita memiliki anak kecil. Selain dapur rapi, juga harus aman buat anak.

Mari kita simak beberapa tips praktis untuk mengatur dapur yang aman untuk anak kecil.

1. Simpan makanan kecil di tempat terjangkau
Hampir semua anak menyukai kudapan atau makanan kecil. Menurut saran dari Collen Millaney, seorang ahli interior, jangan menyimpan kudapan si kecil di tempat yang sulit dijangkau. Karena saat si kecil mencoba meraihnya, bisa membuat wadah jatuh berantakan dan makanan tercecer. Simpan di lemari bawah atau di dalam toples yang diletakkan di atas meja makan. Hal ini akan memudahkan anak mengambil kudapan tersebut tanpa harus meminta bantuan Anda. Beban semakin ringan, anak pun belajar mandiri.

2. Siapkan celemek
Celemek merupakan barang penting saat Bunda harus memasak mendadak setelah berpenampilan rapi untuk ke kantor. Celemek akan melindungi busana dari kotoran saat memasak, termasuk cipratan noda minyak. Hal ini akan membuat baju kerja tetap bersih dan rapi.

Lebih jauh, hal itu akan memudahkan bunda saat mencuci baju nanti. Sebab, kotoran saat memasak yang menempel di baju sering sulit dibersihkan sehingga membuat kegiatan mencuci menjadi lebih sulit. Bunda bisa mencari celemek yang kini dijual dengan aneka ragam motif yang ceria untuk membuat Bunda lebih semangat.

3. Atur suhu dispenser
Temperatur panas pada dispenser dapat diatur menjadi lebih sejuk. Jika Bunda harus meninggalkan anak di rumah tanpa pengawasan, sebaiknya ubah temperatur dispenser. Hal ini agar anak-anak bisa mengambil minum sendiri tanpa khawatir tersiram air panas. Pikiran pun menjadi lebih tenang.

4. Ganti wadah kaca dengan plastik
Hal ini untuk memudahkan anak mengambil sendiri segala kebutuhannya. Plastik lebih ringan dari kaca sehingga memudahkan si kecil mengangkatnya dan yang terpenting, jika wadah itu terjatuh, tak akan pecah sehingga tidak berbahaya atau menyakiti anak-anak. Pilih toples plastik yang sudah BPA free jadi tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk makanan.

5. Simpan pisau dan gunting di tempat tinggi
Selain pisau dan gunting, tentunya semua perlengkapan dan peralatan yang berbahaya untuk anak agar diletakkan di tempat yang sulit dijangkau oleh anak. Bisa di tempat yang tinggi atau di laci yang terkunci.

Selamat mencoba Bunda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.