Cara Menggoreng Agar Kerupuk Mekar Sempurna

Ilustrasi Kerupuk | Img:freeimages.com
Artikel ini bagian 4 dari 10 dalam serial Tips Memasak

Hampir rata-rata setiap anggota keluarga kita menyukai kerupuk. menjadi salah satu teman makan kegemaran banyak orang. Bermacam-macam jenis kerupuk bisa kita temui dan menjadi pilihan masing-masing. Hanya terkadang, sat kita menggoreng sendiri dirumah, hasil gorengan kerupuk kita tidak mekar sempurna. Bagaimana cara kita menggoreng kerupuk agar kerupuk bisa mekar sempurna?

Ilustrasi Kerupuk | Img:freeimages.com
Ilustrasi Mekar Sempurna | Img:freeimages.com

Caranya sangat mudah, ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Jemur sebelum digoreng agar tidak melempem.

Ada beberapa jenis yang tidak perlu dijemur. Bila kerupuk tidak perlu dijemur terkadang ada keterangannya di label pembungkusnya atau jika kita di pasar tradisional, pastikan kita bertanya pada penjualnya.

2. Panaskan dengan jumlah yang cukup.

3. Masukkan saat minyak sudah cukup panas. Perhatikan saat minyak sudah panas, api harus dikecilkan agar kerupuk tidak cepat gosong saat digoreng.

4. Jika berukuran besar, cukup masukkan kerupuk satu persatu. Namun, jika kerupuk berukuran kecil, masukkan kerupuk secukupnya sambil menyiram-nyiramkan minyak ke atas kerupuk agar merata sempurna. Bolak-balik kerupuk sampai mekar secara sempurna.

5. Setelah mekar sempurna, angkat dan tiriskan dengan menggunakan lapisan kertas atau tisu makan agar kelebihan minyak terserap.

6. Masukkan ke dalam toples yang kedap agar kerupuk tetap renyah.

Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Mengolah Ikan Asin Agar Tidak Terlalu AsinCara Menambah Nikmat Aroma Nasi

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.