Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Kulkas termasuk perlengkapan rumah tangga yang sangat penting. Kita bisa menghemat waktu belanja harian karena kita bisa menyimpan berbagai bahan makanan, dengan mempertahankan kualitasnya selama beberapa hari dengan menyimpan berbagai bahan makanan tersebut di kulkas. Bahkan, makanan beku bisa sampai berbulan-bulan kita simpan di dalam kulkas.

Namun, kemampuan kulkas mempertahankan kesegaran bahan makanan tetap harus kita dukung dengan cara merawat dan membersihkannya secara berkala. Jika kita lalai melakukannya, kulkas bisa saja akan berbau kurang enak, atau bahkan kehilangan kemampuan pendinginnya. Dan akibatnya bahan

Kulkas kita memerlukan harian, perawatan mingguan, dan perawatan enam bulanan secara rutin. Simak beberapa tips perawatan berikut untuk merawat kulkas Anda agar senantiasa bersih dan tetap dapat menjalankan fungsinya sebagai tempat penyimpanan bahan makanan.

Cara Kulkas Rutin

1. Jangan mencungkil es dengan benda tajam.

Kalau freezer anda menghasilkan es, maka jangan membersihkannya dengan cara mencungkil dengan benda tajam seperti pisau. Hal itu bisa merusak bagian freezer dan akibatnya kulkas bisa kehilangan kemampuan pendinginannya. Kalau kulkas belum memiliki fitur defrost, maka cukup matikan listrik atau turunkan suhu kulkas sampai agar bunga es mencair. Jangan lupa saat melakukan defrost atau mencairkan bunga es ini saat freezer memang sedang kosong dan tidak ada bahan makanan yang butuh dibekukan.

Tips Lainnya :   Cara Mencegah Kulkas Berjamur

2. Miliki termometer kulkas.

Bahan makanan tertentu membutuhkan suhu yang dingin mencapai 4 C agar tetap dalam kondisi baik, contohnya adalah susu segar. Tapi terkadang kita set suhu kulkas kita langsung maksimal dengan maksud agar suhu dingin akan membuat bahan makanan awet lebih lama. Tetapi suhu kulkas yang terlalu dingin pun hanya akan membekukan air minum dan juga buah-buahan yang disimpan dalam kulkas. Untuk itu sebaiknya Anda investasikan untuk membeli termometer kulkas sehingga suhu kulkas bisa diatur sebagaimana seharusnya.

3. Perhatikan kebersihan di dalam kulkas.

  • Segera bersihkan tumpahan makanan, sebelum tumpahan makanan tersebut kering atau meninggalkan noda.
  • Pastikan semua wadah penyimpanan yang masuk kedalam kulkas sudah dalam keadaan bersih.
  • Periksa bahan makanan yang sudah mulai membusuk dan segera buang.
  • Saat menaruh di freezer chiller biasakan menempatkannya di atas mangkok atau piring bercekungan agar lelehan air bekas tidak mengotori chiller.

4. kulkas mingguan.

Lap pintu dan bagian atas kulkas termasuk pinggirannya dengan kain dibasahi campuran air dan sedikit cairan sabun cuci piring yang ringan. Lap tidak perlu basah, cukup lembab. Lap secara seksama seluruh bagian kulkas.

Tips Lainnya :   Tips Aman menggunakan Microwave

5. kulkas 6 bulanan.

Lakukan pembersihan total kulkas (deep cleaning) tiap 6 bulan sekali. Caranya sebagai berikut:

  • Matikan listrik kulkas dan kosongkan semua isi kulkas. Keluarkan rak-rak untuk dicuci dan dibersihkan secara seksama.
  • Jangan lupa cek bak penampungan air di bagian belakang kulkas jangan sampai menjadi sarang jentik-jentik nyamuk.
  • Jangan rak kulkas dan bagian dalam kulkas dengan sabun, sebab akan meninggalkan bau yang bisa diserap oleh bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas. Sebagai gantinya, buat cairan yang terdiri dari campuran dari 2 sendok makan baking soda dan larutkan dalam 1 liter air. Masukkan kain lap, peras, lalu bersihkan rak dan bagian dalam kulkas (yang sudah dimatikan listriknya). Setelah itu, keringkan segera dengan kain handuk bersih. Hal ini membantu menghilangkan bau tanpa menambahkan bau sabun ke dalam kulkasmu.

Demikian rutin kulkas di rumah, dengan perawatan rutin seperti ini diharapkan kulkas kamu bisa tahan puluhan tahun dan tetap dingin.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

2 Comments

  1. eddy purnomo

    oya mbak klo boleh tau soda kue ama baking soda sama gak ya,,,alnya ditempatku banyaknya soda kue

    1. marina

      Di sini biasanya disebut soda kue … klo di luar disebutnya baking soda.. sama2 untuk bikin kue …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.