Lama Masa Simpan Makanan di Kulkas

Ilustrasi Es Krim | Img:freeimages.com

Kulkas menjadi bagian yang penting dalam kebutuhan rumah kita, sebab benda ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kita dalam menyimpan makanan. Karenanya, penting bagi kita untuk mempelajari tentang peralatan ini, agar kita mampu memaksimalkan fungsi kulkas.

Kulkas terdiri atas dua bagian, chiller dan freezer. Untuk kulkas dengan posisi freezer di atas, biasanya ada kompartemen chiller tertutup yang suhunya lebih dingin dibandingkan ruang di bawahnya. Chiller yang lebih dingin seperti ini bisa untuk menyimpan cream cheese, yogurt dan produk susu lainnya yang butuh suhu yang lebih dingin daripada ruang bawahnya. Untuk memaksimalkan fungsi kulkas ini, kita sebaiknya tahu masa simpan dari makanan yang kita simpan dalam kulkas.

Mari kita simak masa simpan beberapa jenis makanan berikut:

1. Daging Sapi Mentah.
Di dalam freezer, daging sapi segar yang dibekukan bisa bertahan 6 – 12 bulan. Sementara bila daging disimpan di dalam chiller yang dingin (posisi di bawah freezer) daging sapi segar ini bisa bertahan 3-5 hari. Tapi bila disimpan di posisi chiller/kulkas lebih bawah lagi yang suhunya tidak sedingin chiller yang diatas, usahakan segera memasak daging sapi segar ini dalam tempo 2×24 jam.

Tips Lainnya :   Cara Alami Mengharumkan Dapur

2. Telur.
Sebelum disimpan ke dalam kulkas, sebaiknya telur dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan bakteri salmonella yang mungkin ada. Apabila ingin mencuci telur dengan air bersih, pastikan telah mengeringkan telur dengan sempurna menggunakan kain lap yang kering dan bersih sebelum disimpan ke dalam kulkas. Telur mentah tidak untuk dibekukan di dalam freezer ya.

3. Saus Barbeque
Saus panggang siap pakai dalam kemasan tertutup ini dapat bertahan 1 tahun di suhu ruang. Untuk mempertahankan kualitasnya, saus sebaiknya disimpan di kulkas setelah dipakai.

Tips Lainnya :   4 Cara Merawat Dapur Selalu Bersih

4. Saus tomat kemasan
Meski disimpan dalam kemasan bertutup, saus tomat tetap memiliki umur simpan. Dalam kemasan yang belum dibuka, saus bertahan selama 12 bulan, sedangkan saat kemasan sudah dibuka, saus akan bertahan 6 bulan selama di kulkas. Namun perlu diingat, jika Anda menyimpannya dalam suhu ruang, saus hanya bertahan selama 1 bulan.

5. Es krim
Masa simpan es krim kemasan sekitar adalah 2-4 minggu. Jika kemasan telah dibuka, es krim hanya bertahan hingga 1-2 minggu. Perlu diperhatikan jika es krim Anda telah mencair pada saat penyimpanan, sebaiknya dia langsung dibuang. Sebab, es krim dalam kondisi cair sangat mudah terkontaminasi bakteri. Kalau pun tidak dibuang, tekstur es krim yang tadinya creamy, akan berubah menjadi lebih kasar apabila es krim tersebut pernah cair lalu dimasukkan kembali ke dalam freezer.

6. Sayuran beku
Selama penyimpanannya baik, sayuran bisa bertahan selama 10-12 bulan. Sayuran beku harus disimpan dalam kantung kedap udara dan disimpan dalam freezer. Sayuran beku hanya dikeluarkan secukupnya saat akan digunakan.

Tips Lainnya :   Merancang Kitchen Set

7. Udang rebus
Udang yang dimasak setengah matang lalu disimpan dalam freezer bisa bertahan selama 10-12 bulan. Namun, udang yang telah dimasak lebih tahan lama disimpan dibandingkan udang mentah.

Penyimpanan makanan pada kulkas memang menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri pada makanan. Namun bisa saja bakteri atau kuman sudah menempel pada makanan sebelum makanan dimasukan ke dalam kulkas. Kuman ini bisa jadi tidak mati di dalam kulkas yang suhunya tidak terlalu dingin. Karena itu disarankan untuk selalu memanaskan makanan yang dikeluarkan dari kulkas dan tidak langsung dikonsumsi lebih dari 2 jam.

Demikian semoga bermanfaat.

1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya