Membersihkan Sofa Sesuai Bahan

kesayangan kita tentunya akan terasa tidak nyaman, jika dia mulai kotor. Hal ini pastinya akan terjadi jika sofa sering digunakan dan terlebih lagi jika dia tidak dirawat. Penting bagi kita bukan, untuk menjaga sofa tetap bersih dan nyaman. Bukan hanya masalah keindahannya, tetapi juga untuk kesehatan.

Perlu kita ingat yang paling penting saat membersihkan adalah selalu membersihkan kain penutupnya (cover). Biasanya, daya tahan cover maksimal 5 tahun. Artinya, jika usia kita sudah lima tahun sebaiknya cover sofa diganti. 

Ada dua jenis cover pada sofa, pertama cover yang bisa dilepas dari rangka, kedua cover yang menyatu dengan rangka. Jika cover Anda yang mudah dilepas, Anda tinggal mencucinya. Namun, untuk cover sofa yang tidak bisa dilepas, Anda harus rajin membersihkannya dengan vacuum cleaner. Bersihkanlah minimal satu minggu sekali.

Sebelum membersihkan sofa, kita perlu mengetahui dulu jenis bahan kita, karena cover sofa terdiri dari banyak jenis bahan yang berbeda. Mari kita simak beberapa cara membersihkan sofa sesuai bahannya.

Pertama, bahan katun
Jika kita berbahan katun, maka dia cukup mudah untuk dibersihkan. Kita cukup mencucinya dengan air ataupun disetrika.

Kedua, bahan sutra (silk) dan woll
Memang cover dengan bahan sutra sangat jarang. Sutra lebih sering terlihat untuk tirai atau sarung bantal sofa. Cara terbaik membersihkan sofa dengan bahan katun adalah dengan dry cleaning. Hal yang sama jika jika anda berbahan woll, sofa sebaiknya tidak dicuci dengan air, tetapi lebih aman mencucinya dengan sistem dry cleaning.

Ketiga, sofa bahan polyester
Bahan yang satu ini tidak boleh terkena air, dan karenanya cara membersihkan yang paling baik juga dengan dengan sistem dry cleaning.

Keempat, sofa bahan kulit
Sofa dengan bahan kulit terdapat 2 jenis, yaitu kulit asli atau genuine leather dan kulit sintetis. Sofa dengan bahan kulit yang asli membersihkannya harus dengan pembersih khusus, biasanya berbentuk lotion. Namun, sofa dengan kulit sintetis, membersihkannya bisa cukup dilap dengan lap kering atau setengah basah.

Selamat merawat sofa kesayangan Anda 🙂

Cek Yang Ini:

1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.