Cara Menyimpan Buku Kesayangan

Ilustrasi:freeimages.com
Anda pecinta buku? Sebuah kegemaran yang sangat baik tentunya. Sebagai pecinta buku, tentu saja Anda gemar mengoleksi buku-buku yang kadang jumlahnya tak terhitung. Tapi sebandingkah keinginan Anda untuk membaca dengan keinginan untuk merawat buku-buku tersebut? Atau jangan-jangan, Anda justru belum tahu bagaimana caranya merawat buku Anda agar awet dan bisa diwariskan kepada anak-anak Anda?

Jangan biarkan salah satu sumber pengetahuan itu rusak karena tak terawat. Langkah-langkah berikut akan membantu menyelamatkan dunia ilmu yang Anda miliki:

1. Pastikan Anda tidak menyimpan buku-buku Anda di tempat yang lembab. Kelembaban adalah musuh utama kertas yang bisa membuat kertas buku Anda menguning dan bahkan lapuk.

2. Jangan letakkan buku dalam posisi berdekatan dengan .

3. Sebaiknya letakkan buku dalam posisi berdiri. Hal ini akan membantu udara masuk ke sela-sela buku sehingga buku-buku Anda terhindar dari lembab. Jangan menumpuk buku-buku berharga Anda, karena buku yang berada di bagian terbawah akan mendapat beban paling besar dan tidak mendapat sehingga terpapar kelembaban.

4. Taburkan kamper di sela-sela buku untuk mencegah hadirnya ngengat dan bau tak sedap.

5. Keluarkan koleksi buku Anda dari rak secara berkala untuk di angin-anginkan. Atau paling tidak, lakukan rotasi terhadap peletakan buku-buku Anda.

6. Anda juga dapat menempatkan lampu-lampu kecil agar buku-buku Anda hangat. Lampu juga dapat mencegah hadirnya ngengat.

Tips ini sudah dibaca 2330 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.