Mengatasi Lemari Berjamur dan Berbau Lembab

Lemari Pakaian

membuat udara menjadi lembab. Kelembaban udara yang tinggi seringkali juga dapat mengancam kondisi perabot rumah tangga kita yang terbuat dari kayu. Salah satu yang menjadi perhatian kita di artikel ini adalah kondisi lemari.

yang selalu tertutup, mudah sekali lembab hingga timbul jamur dan berbau. Terutama lemari pakaian. Karena fungsinya untuk menjaga agar pakaian yang tersimpan di dalam lemari tidak terkena debu, maka lemari pakaian biasanya memang dibuat agar bisa tertutup rapat.

Kondisi yang sering tertutup rapat ini, bila terpapar suasana lembab terus menerus, maka lama kelamaan bagian dalam lemari akan berbau khas lembab dan bila terus dibiarkan, kita pun bisa mencium bau “jamuran” dari dalam yang menandakan adanya jamur yang mulai tumbuh di dalam lemari pakaian kita itu

Bagaimana kita mengatasi bau dan jamur pada pakaian kita ini? Yang terutama harus diupayakan adalah menjaga agar bagian dalam lemari tidak terus menerus berada dalam keadaan lembab.

Tips Lainnya :   Cara Membersihkan Noda dan Debu pada Cermin Antik

Cara yang paling mudah adalah menghindari menggantung atau menyimpan pakaian terlalu rapat atau terlalu banyak di dalam agar sirkulasi udara dalam lemari tetap terjaga. Selain itu, pastikan semua pakaian atau bahan kain yang disimpan dalam lemari sudah berada dalam kondisi kering.

Untuk mengurangi kelembaban di dalam yang tertutup rapat, Anda bisa mencoba kapur tulis. Letakkan di sudut-sudut lemari. Kapur dapat membantu menyerap air hingga Anda pun dapat terhindar dari kelembaban yang berlebihan. Atau Anda juga bisa membeli aneka produk serap air di pasaran yang bisa menyerap kelembaban berlebih dari dalam ruangan.

Bila bau “jamuran” sudah mulai tercium, bukalah pakaian Anda sesering mungkin untuk mengusir bau tersebut. Dan sebaiknya Anda juga mengeluarkan dan mengangin-anginkan pakaian yang sudah tersimpan lama. Anda tentu tidak ingin mengenakan baju yang berbau “apek” karena jamuran tersebut bukan?

Untuk mengatasi jamur pada lemari berbahan particle board, bersihkan permukaannya dengan menggunakan lap bersih yang sudah diberi alkohol. Bila Anda rutin melakukannya, jamur di lemari pakaian Anda akan berangsur lenyap.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

3 Comments

  1. fitri

    Lemari saya dindingnya terbuat dari tembok (jadi kamar d sekat) d buat lemari pakaian, ternyata dindingnya penuh jamuR, kebetulan pernah saya tinggal keluar kota 1 bulan, dan ketika saya kembali

  2. Woro Ming Andini

    pengalamanku menghilangkan jamur pada lemari kayu yang berbahan partikel board pake pembersih kaca yang mengandung bahan anti jamur. bereskan ?

    1. Editor

      Terima kasih tipsnya, Woro … Semoga bermanfaat juga untuk pembaca yang lain …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.