5 Kiat Diet Makan Malam (Bag Pertama)

Ilustrasi Buah | Img:freeimages.com
Ilustrasi Buah | Img:freeimages.com

sering di salah artikan dengan makan sesedikit mungkin agar cepat kurus. Kadang, cara ini berhasil di sebagian orang, tetapi akhirnya membawa masalah yang lebih besar. Misalnya dengan terkena penyakit maag karena perut yang dibiarkan kosong berjam-jam atau kehilangan nutrisi karena pola yang salah.

Diet dalam arti umum sebenarnya sangat sederhana, yaitu kita mengatur pola makan untuk mencapai tujuan kesehatan tertentu. Tujuan kesehatan disini identik dengan tercapainya berat badan yang proposional. Untuk tujuan mengurangi berat badan inilah, para pelaku diet umumnya menghindari makan malam.

Apa saja kiat yang bisa kita lakukan untuk bisa tetap makan malam tetapi dengan mengontrol pola makan kita, yang artinya diet kita terjaga. Perhatikan beberapa kiat dibawah ini.

Misalnya, Anda menghadiri pesta di hotel dengan hidangan yang menggugah selera, ingat, jangan lupakan diet Anda. Tetap nikmati makan malam Anda, namun batasi variasinya hingga dua atau tiga jenis makanan saja.

Pertama, Memakan salad atau sayuran

Anda bisa menahan selera makan dengan memulai memakan salad sayuran atau salad buah terlebih dahulu. Namun pastikan salad tidak dipenuhi dengan mayones, sebab mayones hanya akan menambah kalori.

Kedua, Membatasi karbohidrat

Pilihlah makanan tinggi protein, misalnya ikan, yang merupakan salah satu pilihan makan malam terbaik untuk diet. Sebab, protein membuat Anda kenyang lebih lama. Memperbanyak makan ikan sangat bagus untuk kita.

Sebaliknya, kurangi porsi konsumsi karbohidrat Anda, karena karbohidrat lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai enerji.

Ketiga, Gunakan piring lebih kecil

Kebiasaan kita adalah menghabiskan makanan yang tersaji di piring, berapa pun jumlah kalori makanan dan berapapun besarnya ukuran piring tersebut. Maka untuk menghindari hal ini, gunakan piring yang berukuran lebih kecil. Anda tetap akan merasa kenyang dengan makan lebih sedikit.

Baca Juga 5 Kiat Diet Makan Malam (Bag Kedua)

Ketiga, Memilih makanan kaya rasa dan minim kalori

Kebanyakan rempah atau bumbu masak, kecuali kemiri, memiliki nilai kalori yang kecil. Ini menurut Tuti Sunardi, pakar kuliner. Jadi, Anda boleh memasak dan bereksperimen dengan aneka bumbu,bahkan menarik juga mencoba herbal seperti kemangi, ketumbar, atau juga peterseli.

Hola, ternyata kita bisa tetap makan malam enak meski sedang diet. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *