Merawat Beras Bebas Kutu

Ilustrasi Beras : Img:freeimages.com
Ilustrasi Beras : Img:freeimages.com

Bunda, kita pastinya suka menyimpan beras, bukan? Beras yang merupakan makanan pokok kita di Indonesia rasanya hampir pasti digemari setiap anggota keluarga. Karenanya, tidak heran jika kita menyimpan beras sebagai stok persediaan di rumah.

Hanya yang harus diperhatikan, beras yang disimpan terlalu lama di dalam wadah, biasanya akan muncul kutu. Untuk mencegah kutu masuk ke dalam beras, lakukan cara mudah berikut ini. Masukkan benda berikut ke dalam beras untuk mencegah datangnya kutu.

1. Cabai Kering

Pertama, Masukkan 1-3 buah cabai kering dalam wadah penyimpanan beras. Aroma cabai kering yang menyengat akan mencegah kutu beras datang.

Kedua, Jangan lupa untuk menutup rapat wadah penyimpanan dan pastikan wadah penyimpanan dalam keadaan yang kering. Sedikit kelembapan akan membuat beras bisa rusak, bahkan .

Ketiga, Simpanlah wadah di tempat yang sejuk. Hal ini perlu agar beras tetap dalam kondisi baik.

2. Bawang Putih

Pertama, Masukkan bawang putih yang sudah dikupas kedalam beras. Aroma khas bawang putih yang menyengat ini sangat tidak disukai oleh kutu beras. Untuk langkah kedua dan ketiga sama dengan menaruh cabai kering di beras.

Hanya sebagai catatan, meski menaruh bawang putih merupakan cara yang mudah dalam hal ini, tapi dia juga memiliki risiko sendiri. Faktor kelembapan dalam bawang putih bisa bercampur dengan beras. Karenanya, jika Bunda ingin menggunakan bawang putih, pastikan jangan terlalu lama menyimpannya di dalam beras.

Selamat mencoba Bunda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *