Menyimpan Makanan dengan Plastik atau Aluminium Foil?

Alumunium Foil | Img:freeimages.com
Alumunium Foil | Img:freeimages.com

Bagi Bunda yang terbiasa menyimpan makanan, pasti tidak asing lagi dengan benda pembungkus ini, yaitu plastik lengket (cling wrap) dan aluminium foil. Kegunaan kedua benda tersebut sama, yaitu untuk menyimpan makanan, tetapi apa sebenarnya apa perbedaan dan cara pemakaian dua pembungkus makanan tersebut? Mari kita simak keterangan berikut.

Pertama, Aluminium Foil.

Aluminium foil memiliki kelebihan sebagai berikut.

1. Aluminium foil bagus digunakan untuk menyimpan makanan yang memiliki atau aroma yang kuat, sebab dia akan menciptakan penghalang yang cukup kuat untuk mencegah makanan tadi bertebaran ke seluruh penjuru lemari pendingin atau dapur. Ingat, jika sedang menutup, pastikan Bunda menutupnya dengan sempurna dan seerat mungkin,

Saat Bunda akan menyimpan makanan yang sudah terbungkus plastik, gunakan selapis aluminium foil untuk membungkus kembali bagian luarnya. Hal ini untuk memastikan tidak ada oksigen yang masuk ke makanan yang dibungkus itu.

2. Aluminium foil bagus digunakan untuk menghangatkan kembali makanan tersebut dengan oven konvensional, sebab aluminium foil bisa tahan panas.

Saat Bunda menyimpan makanan yang sudah terbungkus plastik lengket, Bunda bisa menggunakan selapis aluminium foil untuk membungkus kembali bagian luarnya. Hal ini untuk memastikan tidak ada oksigen yang masuk ke makanan yang dibungkus itu.

Aluminium foil memiliki kekurangan sebagai berikut.

1. Jangan menggunakan aluminium foil dalam karena bisa menimbulkan percikan api.

2. Jangan menggunakan aluminium foil untuk menyimpan makanan asam, seperti tomat dan buah berry. Asam pada makanan tersebut akan bereaksi dengan aluminium dan meninggalkan residu berwarna biru yang tipis.

Kedua, plastik lengket (cling wrap)

Plastik lengket (cling wrap) memiliki kelebihan sebagai berikut.

1. Plastik lengket baik digunakan untuk menyimpan makanan asam dan makanan segar, seperti sandwich.

2. Plastik baik untuk menyimpan buah-buahan.

Contohnya, seperti apel dan alpukat agar tidak cepat berubah menjadi warna kecokelatan, simpan di dalam plastik. Pastikan Bunda mengeratkan agar menempel plastik pada bagian terluar buah-buahan tadi.

3. Untuk merendam bumbu dalam proses memasak.

Contohnya, ketika ingin merendam daging dengan saus (marinade), Bunda bisa mempercepat proses penyerapannya dengan memasukkan daging beserta saus tersebut dalam plastik.

Tips ini sudah dibaca 1442 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.