Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Ilustrasi Banjir : Img:freeimages.com
Ilustrasi : Img:freeimages.com

Banjir di beberapa kota di Indonesia rasanya sudah menjadi fenomena yang tak asing. Memang membicarakan banjir membuat hati kesal dan marah, terlebih kejadian ini sering berulang setiap tahun. Tentu kita berharap kepada pihak pemerintah terkait untuk bisa menangani hal ini. Namun demikian, tanpa perlu terus berkeluh kesah, kita tentu ingin rumah kita kembali bersih dan rapi pasca banjir.

Sebab, banjir pasti membuat barang-barang di dalam rumah kita yang terendam menjadi kotor atau bahkan rusak. Untuk itu, lakukan beberapa cara berikut ini untuk membersihkan beberapa jenis peralatan rumah.

Furniture menjadi korban langsung saat air banjir yang seringkali kotor itu mulai memasuki rumah kita. Lakukan cara yang mudah berikut ini untuk membersihkan furniture dari air banjir.

Pertama, bersihkan semua perabot furniture yang ternoda air banjir. Kedua, oleskan mayones tanpa rasa (plain) di bagian yang bernoda dengan lap lembut. Ketiga, gosok-gosok agak kuat. Keempat, setelah kering, gosok lagi dengan lap bersih.

Karpet kesayangan Anda tak terselamatkan saat banjir? Bunda bisa membersihkannya sendiri dengan mudah tanpa harus membawanya ke laundry.

Pertama, Letakkan karpet di lantai, kemudian siram sisi depan dan belakang karpet tersebut dengan air bersih menggunakan selang agar kotoran yang ada di dalam karpet keluar.

Kedua, Keluarkan sisa air di karpet dengan menggunakan serokan karet berwarna hitam yang biasa digunakan untuk mendorong air di lantai.

Ketiga, Cuci karpet dengan shampoo bayi. Kita sikat searah serat karpet agar bulu karpet tidak rusak. Siram karpet yang sudah di cuci dengan air bersih. Terus ulangi kembali sehingga air yang keluar dari karpet sudah berwarna bening.

Keempat, Jemur karpet di bawah sinar matahari. Sebagai catatan, posisi karpet sebaiknya dijemur dengan berdiri agar tetesan air cepat mengering dan jangan dijemur saat matahari terlalu terik, karena akan berakibat memudarkan warna karpet.

Kasur

Kasur seringkali juga tak luput dari banjir dan memang sangat susah membersihkan kasur yang habis terendam banjir. Namun jangan khawatir, cobalah cara jitu dibawah ini agar kasur Anda dapat digunakan kembali.

Pertama, Jemur kasur hingga kering. Kedua, Saat dijemur, lakukan pembalikan dan pukul beberapa kali. Ketiga, Setelah kering, bersihkan noda dan semprotkan desinfektan, kemudian jemur kembali. Keempat, Semprotkan pewangi pakaian sebelum kasur digunakan lagi.

Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 1165 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.