Manfaatkan Ampas Kopi untuk Berkebun

manfaat ampas kopi
Manfaat Ampas | img:freeimages.com

Anda peminum kopi ? Kalau kopinya digiling dan bukan digunting, pasti ada ampas kopi yang harus Anda buang. Jangan dibuang begitu saja ke tong sampah karena sebenarnya ampas kopi ini bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan di rumah Anda.

Ampas kopi yang telah diseduh, bisa anda langsung gunakan sebagai di kebun atau tanaman pot. Gali sedikit lubang, dan masukkan ampas kopi sisa seduh itu ke dalam tanah.

Selain digunakan langsung sebagai pupuk tanaman, ampas kopi juga bisa digunakan sebagai kompos. Masukkan saja kopi ke dalam komposter yang Anda miliki, dan kopi akan berperan sebagai komponen hijau dalam komposter, walaupun si kopi itu sendiri warnanya tidak hijau 🙂

Masih di area taman atau kebun, konon tanaman di kebun seperti bekicot, keong dan semut itu bukan penggemar kopi. Jadi taburkan kopi di sekitaran tanaman di taman supaya para anti-kopi itu tidak berani mendekat.

Namun sebaliknya cacing tanah ternyata penggemar kopi loh! Jadi mereka akan bersuka cita bila ada ampas kopi yang dimasukkan ke dalam tanah.

Aroma kopi yang sedap itu pun bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan aneka di berbagai tempat. Tempatkan kopi bubuk dalam wadah di kulkas untuk menyerap -bauan dari kulkas. Tangan sehabis memotong bawang putih? Gosok-gosok dengan bubuk kopi lalu bilas, selain bawang hilang, scrub kopi juga membuat telapak tangan terasa halus dan lembut.

Anda sedang melatih kucing anda toilet training? Bila anda tidak ingin kucing menjadikan taman kesayangan anda sebagai toiletnya, bisa dicoba membuat larutan kopi plus kulit jeruk dan semprotkan di area taman yang tidak ingin diacak-acak kucing Anda.

Selamat mencoba.

Tips ini sudah dibaca 1522 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.