Manfaat Taman Di Rumah (Bag Pertama)

Ilustrasi Mawar | Img:freeimages.com
Ilustrasi Mawar | Img:freeimages.com

Memiliki di rumah memiliki banyak manfaat untuk kita. Keindahan warna hijau terbukti bermanfaat bagi mata dan kesegaran udara karena ada tanaman. Namun, ternyata lebih jauh lagi, juga memiliki dampak positif bagi mental seseorang.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan setiap rumah memiliki taman, meski taman tidak bisa terlalu luas, tetapi manfaat dari berkebun bisa dirasakan oleh seluruh penghuni rumah, baik yang muda maupun yang tua.

Apa saja manfaat adanya taman di rumah kita? Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan.

Pertama, Memberikan keseimbangan

Taman yang berisikan tanaman hidup, apakah bunga atau jenis-jenis tumbuhan tertentu, akan memberikan keseimbangan terhadap rumah yang dibangun dengan kokoh yang terdiri dari batu dan semen. Keseimbangan ini penting untuk membuat rumah jadi terasa lebih nyaman dan enak sebagai tempat tinggal.

Kedua, Memberikan segar

Tanaman yang ada di taman kita akan memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Hal ini menjadi lebih penting jika kita tinggal di kota yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di dalam kota yang padat, taman berperan sebagai penyangga ekosistem dan penyuplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Baca Juga Taman Tanpa Ulat Pohon & Rumput Liar

Ketiga, Menyalurkan hobi

Taman berguna sebagai media atau sarana mengisi kegiatan penghuni rumah atau menyalurkan hobi berkebun. Kelelahan atau stress di kantor bisa hilang dengan sekadar menyiram tanaman atau memandang keindahan tanaman yang ada.

Sebagai catatan, ada penelitian menyatakan bahwa memandang taman memberikan efek baik untuk kesehatan psikologi seseorang. Pemandangan taman yang hijau dan bunga yang berwarna cerah bisa memberikan perasaan senang bagi yang melihat. Aroma segar dari tanaman hijau dan wangi bunga pun bisa membuat perasaan rileks.

Tulisan ini bersambung ke bagian kedua. Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Pupuk Organik Mudah & Murah8 Kiat Mengganti Pot Tanaman (Bag Pertama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *