Taman Tanpa Ulat Pohon dan Rumput Liar

Ilustrasi Rumput | Img:freeimages.com
Artikel ini bagian 8 dari 11 dalam serial Mengusir Hewan Pengganggu

Taman adalah salah satu bagian rumah yang penting, bagi mereka yang bisa memilikinya atau dengan kata lain, masih memiliki lahan untuk membuat taman. Manfaat memiliki taman pribadi sudah kita bahas dalam tema tulisan sebelumnya. Diantaranya taman bisa memberikan keseimbangan mental, bisa menjadi filter udara, dan tentu saja, fungsi estetika dari taman itu sendiri tidak bisa diabaikan.

Namun, rumah yang memiliki taman biasanya akan menghadapi dua hal ini sebagai gangguan, yaitu adanya ulat pohon dan liar. Meski di satu sisi, ulat pohon merupakan bagian dari keseimbangan ekosistem, tapi keberadaannya sangat mengganggu penghuni rumah, terutama anak-anak.

Demikian juga liar. Rumput liar bisa membuat taman kita terlihat tidak indah, meski harus disadari rumput liar memang mudah tumbuh ditaman kita karena faktor penyebarannya yang mudah, bisa melalui angin atau hewan bahkan air.

Namun, jangan khawatir, ada hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam hal ini, yaitu sebagai berikut.

1. Menghalau Ulat Pohon

Pertama, Ambil oli bekas secukupnya. Kedua, Campurkan oli bekas tadi dengan bangunan. Ketiga, Aduk oli bekas tadi dengan sirih sampai merata. Keempat, Oleskan campuran ini pada batang atau daun yang terserang ulat tadi, dengan menggunakan jerami.

Nah, setelah beberapa saat, kita bisa lihat ulat tidak akan kembali lagi.

2. Menghilangkan Liar

Pertama, Ambil halus secukupnya. Kedua, Taburkan ditempat yang terdapat liar (termasuk tanaman yang berada di dalam pot). Ketiga, Lakukan hal ini secara berulang, maka liar pun akan mati dan tidak tumbuh kembali.

liar yang tumbuh di area grass block atau conblock bisa juga dihilangkan dengan menyiramkan masak ke akar rumput. Rumput akan mengering dan mati. Namun rumput tetap akan tumbuh lagi di kemudian hari, namun lumayan menghemat waktu mencabuti rumput liar tersebut bukan?

Selamat mencoba 🙂

Artikel dalam Serial ini: Mencegah Kecoa Masuk Kamar MandiTanaman Pengusir Hama

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.