Cara Alami Mengusir Nyamuk

Artikel ini bagian 1 dari 9 dalam serial Mengusir Hewan Pengganggu

Ilustrasi: nyamuk di tangan. Img:freeimages.com
Keberadaan nyamuk di dalam rumah seringkali mengganggu aktivitas penghuni rumah. Selain nyamuk yang sering berkeliaran di malam hari, nyamuk yang terlihat di siang hari sering kali lebih menakutkan karena bisa jadi nyamuk siang tersebut adalah nyamuk yang dapat menularkan demam berdarah.

Untuk mengusir nyamuk dapat menggunakan obat anti nyamuk yang beredar di pasaran. Ada yang bentuknya spray, obat nyamuk bakar, sampai ke obat nyamuk elektrik. Bagaimanapun karena obat anti nyamuk tersebut merupakan bahan-bahan kimia, sebaiknya penggunaannya dibatasi dan tidak dibiasakan.

Berikut adalah cara-cara alami untuk mengurangi dan mengusir nyamuk dari rumah Anda:

Tanaman pengusir nyamuk

1. Zodia. Anda bisa menata tanaman Zodia (Euodia Suaveolens) dalam pot dan menempatkannya pada teras dan sudut-sudut ruang dalam rumah. Tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Namun aromanya yang harum bisa menjadi aroma terapi untuk Anda. Aroma wangi ini akan tercium saat tertiup angin. Pastikan tanaman zodia ditempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari langsung dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar tanaman tumbuh subur.

2. . Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Cara menggunakan bunga ini agar kulit kita tidak digigit nyamuk adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita. Aroma Lavender yang tidak disukai nyamuk akan menghindarkan kita dari gigitan nyamuk.

3. Geranium. Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium yang khas dan tidak disukai nyamuk akan tercium bila daunnya saling bergesekan.

4. Serai. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Serai bisa ditanam di halaman rumah Anda. Alternatif lainnya, bisa dengan menyemprotkan minyak serai ke keset atau sapu sehingga aroma serai memenuhi ruangan. Selain nyamuk, serangga dan ular juga termasuk hewan yang tidak menyukai aroma serai.

5. Rosemary. Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman nyamuk.

Tindakan untuK Mencegah Nyamuk dalam Ruangan

1. Jangan biasakan menggantung terlalu banyak pakaian dan menumpuk barang-barang di kamar. Nyamuk senang bersembunyi di tumpukan barang dan kain yang bergelantungan.

2. Pasang kassa nyamuk di jendela rumah anda dan apabila anda suka membuka pintu, pasanglah pintu tambahan berupa pintu teralis yang dapat dipasang kassa nyamuk. Dengan cara ini sirkulasi udara di rumah anda tetap lancar dan nyamuk pun tidak bisa masuk.

3. Kalau belum memasang kassa nyamuk, tutuplah pintu dan jendela pada sore hari menjelang malam (kira-kira jam 17-19) dan jangan buka pintu dan jendela di pagi hari sebelum sinar matahari bersinar (sekitar jam 4-5), karena biasanya pada jam-jam ini nyamuk mulai beraksi untuk masuk ke dalam rumah.

Penangkal Nyamuk Alami

1. Untuk mengusir nyamuk tanpa menggunakan lotion anti nyamuk, bisa menggunakan ramuan alami pengusir nyamuk berbahan daun sirih. Caranya dengan menumbuk 10 lembar daun sirih sampai halus lalu campurkan ke dalam 1 gelas air berukuran 200 ml. Lalu balurkan ramuan daun sirih itu ke kaki, tangan atau bagian tubuh lain yang ingin dihindarkan dari nyamuk.

2. . Caranya mudah: Siapkan segelas air. Masukkan beberapa butir . Lalu letakkan di salah sudut ruangan. Nyamuk pun akan menyingkir.

Ilustrasi:freeimages.com

Artikel dalam Serial ini: Cara Mengusir Tikus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *