Cara Menyimpan Buku Agar Tidak Jamuran

Ilustrasi:freeimages.com

Anda pecinta buku? Sebuah kegemaran yang sangat baik tentunya. Sebagai pecinta buku, tentu saja Anda gemar mengoleksi -buku yang kadang jumlahnya tak terhitung. Tapi sebandingkah keinginan Anda untuk membaca dengan keinginan untuk merawat buku-buku tersebut? Atau jangan-jangan, Anda justru belum tahu bagaimana caranya merawat buku Anda agar awet dan bisa diwariskan kepada anak-anak Anda?

Jangan biarkan salah satu sumber pengetahuan itu rusak karena tak terawat. Langkah-langkah berikut akan membantu menyelamatkan dunia ilmu yang Anda miliki:

1. Pastikan Anda tidak menyimpan -buku Anda di tempat yang lembab. Kelembaban adalah musuh utama kertas yang bisa membuat kertas buku Anda menguning dan bahkan lapuk.

2. Jangan letakkan dalam posisi berdekatan dengan lantai.

3. Sebaiknya letakkan dalam posisi berdiri. Hal ini akan membantu udara masuk ke sela-sela buku sehingga buku-buku Anda terhindar dari lembab. Jangan menumpuk buku-buku berharga Anda, karena buku yang berada di bagian terbawah akan mendapat beban paling besar dan tidak mendapat sirkulasi udara sehingga terpapar kelembaban.

Tips Lainnya :   Cara Agar Bunga Potong Segar Bisa Bertahan Lebih Lama

4. Taburkan kamper di sela-sela untuk mencegah hadirnya ngengat dan bau tak sedap.

5. Keluarkan koleksi Anda dari rak secara berkala untuk di angin-anginkan. Atau paling tidak, lakukan rotasi terhadap peletakan buku-buku Anda.

6. Anda juga dapat menempatkan lampu-lampu kecil agar -buku Anda hangat. Lampu juga dapat mencegah hadirnya ngengat.

7. Apabila disimpan dalam atau rak terbuka, usahakan seminggu sekali untuk membersihkan debu halus yang menempel di permukaan buku. Gunakan kemoceng yang dapat menarik debu halus tersebut tanpa menerbangkan debu halus tersebut kemana-mana.

Selamat merawat kesayangan Anda!

You Might Also Like

One Comment

  1. twenty oktavia

    Buku adalah sumber informasi yang dimiliki oleh hampir seluruh orang di dunia. Meskipun begitu, banyak dari kita mungkin belum tahu bahwa hal-hal kecil yang sering kita lakukan ternyata dapat merusak buku. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan buku agar buku tidak rusak. untuk selengkapnya, yuk kunjungi link berikut ya, terimakasih : http://news.unair.ac.id/2019/11/06/sudahkan-kita-benar-memperlakukan-buku-supaya-tidak-mudah-rusak/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: