Sunday, January 17#PakaiMasker #StayAtHome

Ventilasi Udara Sebagai Pengganti AC? Berikut Tipsnya!

Ruangan sejuk dan segar adalah hal yang paling diidamkan bagi semua pemilik rumah. Biasanya banyak dari kita menggunakan pendingin ruangan seperti Air Conditioner (AC) sebagai alternatif untuk menyegarkan ruangan. Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan pendingin ruangan yang berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan? Bukan hanya kesehatan, bahkan biaya listrik yang dikeluarkan juga akan membengkak dari sebelumnya. Jika begitu apa langkah yang dapat dilakukan? Salah satu cara yang ampuh adalah memperbaiki kualitas udara tanpa membutuhkan pendingin ruangan adalah memasang di atap rumah. Untuk itu, berikut tips yang bisa kamu coba ketika ingin rumah sejuk tanpa Ac.

Dampak Buruk AC bagi Kesehatan

Sebelum mengulas tips rumah sejuk tanpa AC, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh tentang bahaya yang disebabkan oleh penggunaan AC yang berlebihan. Selain mengenal dampaknya, dimaksudkan untuk kamu tetap waspada dalam penggunaan pendingin ruangan, agar kesehatan tetap terjaga juga rumah semakin bebas penyakit. Berikut beberapa dampaknya :

  • Masalah Pernapasan
    Penting untuk dipahami bahwa berubahnya suhu drastis seperti suhu yang hangat ke dingin dapat merusak sistem pernapasan. Kamu akan lebih rentan mengalami infeksi saluran pernapasan, bahkan banyak ahli menunjukkan kalau orang yang menghabiskan banyak waktu berada di antara suhu ruangan ber-AC, maka dampaknya lebih besar terkena gejala radang hidung dan penyakit tenggorokan.
  • Infeksi Virus
    Dampak paling umum satu ini sekiranya hampir diketahui oleh para pengguna AC. Infeksi ini terjadi sebab sistem kekebalan tubuh yang semakin melemah. Di dalam ruangan ber-AC, udara akan semakin bersirkulasi dan menghentikan udara segar masuk. Sehingga udara lama akan mengalir, mengeluarkan virus dan kuman flu secara bertahap (dari orang ke orang).
  • Dehidrasi
    Hal ini disebabkan karena AC menyerap banyak uap air, apalagi jika orang tersebut jarang minum atau tidak minum secara teratur, maka dampaknya akan mudah terasa. Dehidrasi merupakan gejala yang seringkali diabaikan, tetapi ingat jika risiko gejala ini berbahaya bagi kesehatan kamu.
  • Sakit Kepala
    Satu lagi dampak paling umum penggunaan AC berlebihan yaitu munculnya sakit kepala. Jika terlalu banyak menghabiskan waktu dengan AC, kamu akan dengan mudah memicu sakit kepala ringan sampai migrain. Salah satu penyebab hal ini bisa terjadi adalah tubuh mengalami dehidrasi.  

Itulah beberapa dampak yang dapat terjadi ketika menggunakan AC secara berlebihan. Ingat selalu mewaspadai dampak yang terjadi pada penggunaan AC agar tidak terjadi hal yang tidak diingankan di kemudian hari. 

Tips Rumah Sejuk Tanpa AC

Lega rasanya ketika ruangan menjadi segar dan indah tanpa adanya sejumlah penyakit yang masuk. Maka dari itu, lindungi pula rumah kita dari bahaya virus dan bakteri tanpa menggunakan AC dengan tips rumah sejuk tanpa AC berikut ini.

  • Rutin Membuka Pintu Agar Kualitas Udara Terjaga
    Tips pertama yang sebaiknya sering kamu lakukan adalah membuka pintu ruangan saat ada atau tidak ada orang yang hendak masuk. Hal itu disebabkan karena pintu ruangan yang tertutup akan mencegah udara segar masuk. Jadi, biarkan udara masuk secara alami di rumah dengan membuka pintu ruangan, agar sirkulasi udara lebih lancar dan suhu ruangan juga akan sejuk.
  • Tutup Jendela Dengan Tirai
    Ventilasi udara terkadang tidak menjamin kesejukan di rumah. Suasana gerah masih saja terkepung di dalam rumah, salah satu penyebabnya adalah cahaya matahari yang menembus masuk kaca jendela. Jadi untuk menghindarinya, gunakan tirai agar dapat mengurangi temperatur sampai 20 derajat. Mudahnya, tirai dapat melindungi dari hawa panas yang masuk.
  • Ganti Model Seprei dan Sarung Bantal
    Seprei dan sarung bantal terbuat dari bahan material yang boros suhu sehingga menyebabkan suasana menjadi panas. Kamu dapat mencoba material sprei dan sarung bantal dengan bahan selimut bulu, flanel atau  material kapas. Selimut bulu dan flanel dapat dipakai untuk mengurangi suhu panas yang hendak masuk ke bagian dalam seprei dan sarung bantal, sedangkan bahan kapas membuat kain dapat lebih leluasa bernafas.
  • Biarkan Udara Dalam Masuk
    Berbeda dengan tips yang kedua, saat musim panas gunakan kesempatan ini untuk membuka ventilasi udara, jendela, ventilasi udara atap rumah dan pintu ruangan terbuka untuk tetap menjaga kesejukannya. Karena sekali lagi, sirkulasi udara merupakan faktor penting agar suasana tetap sehat dan sejuk tanpa pendingin ruangan.
  • Gunakan Kipas Angin
    Lebih baik jika menggunakan kipas angin daripada AC, namun bukan berarti penggunaan AC itu salah, hanya saja kipas angin lebih tidak mengandung zat yang dapat membahayakan tubuh dibanding dengan Air Conditioner. Dari sisi fungsinya, kipas angin memang tak seunggul AC, tetapi tentunya kipas angin akan lebih praktis dan dapat diandalkan dengan baik. Selain itu, manfaatkan juga ventilasi udara di jendela dan ventilasi udara di atap rumah kamu sebagai media membantu menyejukkan ruangan.
  • Menanam Tanaman Kecil dan Pepohonan di Sekitar Rumah
    Menanam tanaman dan pepohonan memang membutuhkan waktu yang cukup panjang dan tidak mudah. Namun, jika kamu menginginkan rumah dan sekitarnya terasa sejuk juga nyaman, maka tidak akan sia-sia proses penanaman yang kamu lakukan. Menanam pepohonan atau tanaman merambat di area halaman atau dekat jendela mampu melindungi rumah dari sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, selain memberikan kesejukan, pepohonan dan tanaman dapat menghiasi rumah.
  • Memanfaatkan Ventilasi Udara di Jendela dan Ventilasi Udara di Atap Rumah
    Ventilasi udara memiliki fungsi untuk mengalirkan udara dari luar masuk ke dalam ruangan juga sebaliknya, sehingga dapat mendapatkan udara yang sehat. Dengan adanya ventilasi udara baik biasa maupun ventilasi udara di atap rumah, keduanya mampu memberikan fungsi yang bermanfaat untuk pernapasan dan meningkatkan kualitas oksigen yang maksimal. Jadi, manfaatkan ventilasi udara sebagai pengganti AC yang alami dan berguna untuk menjaga kesehatan.

Rumah yang sejuk adalah rumah yang terbebas dari kotoran dan penyakit. Jadi seringlah untuk mengatur kebiasaan baik menjaga rumah tetap terlihat nyaman juga menyenangkan. Ciptakan ruangan yang memiliki kesejukan tersendiri secara alami dan sehat, lakukan yang terbaik agar keluarga semakin betah dan ceria di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.