Resep Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan ringan yang cukup populer di Cirebon. Biasanya dijajakan di pikulan atau tampah yang dijunjung di kepala bila penjualnya perempuan. Cara menyantap Tahu Gejrot pun terbilang unik, karena menggunakan potongan lidi yang ditusukkan ke tahunya. Rasa tahu gejrot itu asam-asam pedas segar, dengan tahu goreng yang tipis, jadi tidak terlalu mengenyangkan. Memang cocok untuk kudapan ringan di sore hari yang hujan.

Untuk membuat Tahu Gejrot yang nikmat, gunakan tahu pong atau tahu kopong yang berwarna putih. Tidak direkomendasikan menggunakan Tahu Sumedang, karena tekstur Tahu Sumedang yang padat membuat tahu tidak mengembang sempurna.

Tips Lainnya :   Cara Mudah Membuat Xiao Long Bao di Rumah

Cara menggoreng tahu pong agar mekar adalah dengan memastikan di penggorengan sudah cukup panas, baru tahu pong dimasukkan. Tahu pong mengandung banyak air, karena itu supaya bisa memgembang harus dikalahkan oleh minyak yang panas. Tidak cukup hanya mengembang, tapi tahu pong goreng itu pun harus berongga. Bagaimana caranya?

Nah, tips untuk membuat tahu pong goreng itu berongga adalah setelah tahu digoreng dengan panas, masukkan tahu ke dalam air dingin yang diisi dengan es batu. Rendam selama 15 menit, agar terbentuk rongga pada tahu pong goreng tersebut.

Tips Lainnya :   Cara Menyimpan Makanan Kaleng Yang Sudah Terbuka

Resep Tahu Gejrot Cirebon

Untuk 2 porsi

10 buah tahu pong
1 siung putih
5 buah cabe rawit hijau
6 butir merah
1 sdt asam jawa
1 sdt
50 gram gula merah, sisir halus
50 ml air matang hangat

Cara Membuat Tahu Gejrot

Goreng tahu pong sampai kecoklatan, sisihkan.

Haluskan bumbu-bumbu dengan menggunakan ulekan: putih, bawang merah, cabe rawit hijau, asam jawa, dan garam. Tambahkan gula merah lalu tumbuk kembali sampai gula merah menjadi halus. Saat menghaluskan bumbu, tidak perlu digiling sampai halus, cukup sampai kasar saja. Tambahkan air matang, aduk rata.

Tips Lainnya :   Cara Mendapatkan Lebih Banyak Perasan Santan Kelapa

Cara Penyajiannya adalah Tahu Pong dibelah dua, lalu siram dengan kuah.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: