Tips Merawat Kacamata

Kacamata

Bagi pengguna terutama mata ber-minus tinggi atau silinder, kacamata yang mendadak rusak akan sangat merepotkan. Namun bila ukuran kacamata tidak terlalu sering berubah, kita tentu ingin kacamata yang sedang dipakai akan tetap dalam kondisi prima dan terawat.

Untuk perawatan kacamata, ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu frame dan lensa.

Untuk perawatan frame atau bingkai kacamata, berikut tipsnya:

  1. Sangat disarankan untuk memakai dan melepas dengan kedua tangan. Melepas kacamata dengan satu tangan untuk kacamata frameless (tanpa bingkai) bisa menyebabkan munculnya retakan di area lensa yang dilubangi dengan bor. Bila kacamata kamu bukan frameless, kebiasaan melepas kacamata dengan satu tangan akan membuat gagang terasa lebih cepat kendor atau longgar.
  2. Jangan menyimpan terutama kacamata dengan frame plastik di dalam dashboard mobil. Suhu panas dalam dan sinar matahari yang langsung mengenai frame bisa memudarkan warna frame kacamata.
  3. Jangan membersihkan dengan frame plastik menggunakan spiritus, alkohol dan aceton
  4. Jangan menyimpan di saku baju atau celana tanpa kotak khusus kacamata. Kacamata kamu bisa patah atau bengkok bila terkena tekanan

Untuk perawatan lensa yang saat ini umumnya memiliki lapisan atau coating khusus, maka sangat disarankan untuk membersihkan kacamata hanya dengan lap microfiber atau lap micro clear dan tissue basah. Dan sebaiknya tidak menggosok lensa langsung dengan kain sebab debu halus dikuatirkan bisa menggores dan melukai lapisan coating kacamatamu.

Bila tidak memiliki tissue basah khusus untuk membersihkan kacamata, maka kombinasi dan air adalah cara paling amat untuk membersihkan bingkai dan lensa kacamata. Namun kamu harus memilih sabun yang tidak mengandung pelembab atau lanolin karena bahan pelembab ini bisa menyisakan lapisan minyak pada lensa. dapat kamu gunakan untuk ini. Tuang sedikit sabun ke tangan, basahi dengan air lalu bersihkan lensa dengan hati-hati. Bilas dengan air bersih, lalu keringkan dengan kain microfiber.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.