Merawat Tas Kulit Sapi Agar Tidak Berjamur dan Tetap Kinclong

Tas dari bahan kulit sapi memang diminati oleh banyak orang. Tas berbahan kulit pun tersedia dalam berbagai bentuk dan fungsi, mulai dari tas kerja sampai kecil sebagai tas tangan sehari-hari yang ringkas dibawa kemana-mana.

Selain tampak lebih indah, tas dari kulit sapi asli memang lebih tahan lama. Dan asli yang dibuat dengan rapi dan halus akan menjadi koleksi istimewa. Karena itu alangkah sayangnya jika kita tidak merawatnya dengan tepat, tas kulit istimewa yang harganya pun cukup mahal itu menjadi tidak istimewa lagi karena mulai kusam dan bahkan timbul bercak putih jamur karena disimpan lama di tempat yang lembab.

Jika ingin tas kulit kesayanganmu awet dan tetap menampilkan keindahan kulitnya, maka beberapa tips berikut harus rutin dilakukan.

Cara Merawat Tas Kulit

1. Hindari membiarkan tas kulit terkena sinar matahari

Maksudnya jangan menjemur tas kulitmu di bawah sinar matahari terlalu lama, tentu saja pemakaian normal kamu sehari-hari membawa tas kulit kesayanganmu ke berbagai aktivitas tidak akan merusak tasmu. Terkadang kita lupa menjemur tas kulit kita berjam-jam di bawah sinar matahari yang terik, jangan pernah lakukan ini ya untuk menjaga agar keindahan warna kulitnya tidak cepat pudar. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat merusak permukaan kulit menjadi pecah-pecah atau terlihat seperti retak.

Tips Lainnya :   Cara Alami Merawat dan Mengilapkan Furniture Kayu

2. Hindarkan tas kulit dari air

Jika tas kulit terkena air, maka segera keringkan dengan lap kering bertekstur lembut. Selain air, bila tas kulit kita terlihat ada dan ada noda, segera bersihkan dengan kain lembut.

3. Simpan tas kulit dalam dust bag

Setelah dibersihkan dan dikeringkan, simpan kembali tas kulit ke dalam kantong kain atau dust bag. Jangan menyimpan tas kulit begitu saja saling menempel dengan barang-barang lain dalam lemari.

Apabila tas kulit tersebut memang dipakai sehari-hari sehingga tidak bisa disimpan dalam dust bag, maka jangan menyimpan tas kulit berdekatan dengan tas berbahan karena tas plastik dapat menyerap bahan pewarna pada kulit. Dan akibatnya tas kulit bisa terlihat bernoda seperti terkena jamur. Dan tentu saja jangan juga menyimpan tas kulit di dalam tas plastik atau wadah plastik lainnya.

4. Letakkan Kamper atau Silica Gel dalam lemari

Jika kamu menyimpan tas kulit di dalam lemari, gunakan produk yang bisa menyerap kelembaban seperti kamper atau silica gel yang bisa dibeli online. Masukkan silica gel atau kamper tersebut dalam tas kulit, agar kelembaban di dalam tas bisa diserap dan tas kulit kesayangan pun terhindar dari jamur.

Tips Lainnya :   Cara Mudah Membersihkan Blender

5. Jangan simpan tas kulit di tempat yang lembab

Sedapat mungkin simpan tas kulit di area lemari yang paling ada sirkulasi udaranya. Kalau kamu lihat lemari tempat penyimpanannya terasa lembab, tidak cukup hanya memberi penyerap lembab di dalam tas tapi letakkan juga kamper atau silica gel di atas rak untuk menyerap kelembaban di dalam lemari tersebut.

Untuk memastikan tas kulitmu yang tersimpan tidak sampai berjamur, maka rutinlah dua minggu sekali untuk menjemur dan diangin-anginkan agar tas kulitmu tidak menjadi lembab, karena bahan kulit yang lembab akan menjadi tempat yang ideal untuk jamur berkembang biak.

6. Masukkan bubblewrap atau

Punya banyak sisa bubblewrap hasil belanja online? Masukkan ke dalam tas kulitmu agar bentuknya tetap terjaga dalam penyimpanan. Selain bubblewrap, kertas bekas lainnya juga bisa digunakan menjadi sumpalan di dalam tas agar tas kulit tidak terlipat.

Cara Membersihkan Tas Kulit Yang

Wah tas kulitmu sudah terlanjur lembab dan berjamur? Ok, jangan panik. Mari kita coba bersihkan dengan cara berikut ini :

Pertama, Gunakan lap kering bertekstur lembut untuk menggosok dan menyikat lapisan jamur yang terlihat pada permukaan tas kulit.

Tips Lainnya :   Membersihkan Anyaman Rotan

Kedua, Jika bercak putih jamur itu terdapat di bagian dalam tas, bersihkan terlebih dahulu dengan sikat yang halus lalu bersihkan dengan lap yang kering.

Ketiga, Untuk jamur yang membandel, bersihkan dengan menggunakan khusus untuk bahan kulit atau krim pembersih untuk kulit yang bisa dibeli di toko.

Keempat, agar tas kulit mengilap dan lebih tahan lama, beli pemoles khusus kulit yang banyak dijual, atau dengan cara alami, bisa dengan cara mengoleskan putih lalu menggosoknya perlahan dengan kapas. Bila permukaan tas kulit masih terdapat noda kotoran maka akan melekat pada kapas.

Demikian tips perawatan tas kulit agar tidak berjamur, tidak mengelupas dan awet berkilap lebih lama. Selamat mencoba 🙂

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: