Tips Mencuci Kain Sutera Di Rumah Dengan Benar

Kain sutera adalah kain yang halus dan sensitif, dan harganya mahal pula. Oleh karena itu banyak dari kita yang memilih untuk membawanya ke Laundry & Dry Clean untuk membersihkannya.

Nah sepanjang busana berbahan kain sutera yang kita miliki tidak mencantumkan peringatan “Dry Clean Only”, maka sebenarnya kita bisa membersihkan atau sutera kita di rumah. Tentunya kita harus mencucinya dengan tangan, dan sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci. Walaupun kamu ada menu Delicate Washnya. Yah daripada nanti menyesal karena pakaian sutera kesayangan kita rusak, maka lebih baik kita tangani dulu pelan-pelan dengan melakukan pencucian dengan tangan. Mungkin terdengar agak ribet, tapi setelah mengetahui langkahnya, kamu akan menikmati prosesnya dan tentu saja penghematan dari pos pengeluaran mencuci ke Dry Clean.

Tips untuk mencuci kain sutera kita adalah sedapat mungkin gunakan batangan yang terbuat dari sayur murni sehingga lebih lembut dan aman bagi kulit. Jika sulit menemukannya di pasaran, bisa kita gunakan sabun mandi batang yang lembut lalu kita parut dengan parutan keju. Kalau pun masih sulit juga menemukan sabun bayi batang, maka alternatif lainnya adalah menggunakan shampoo. Kain sutera mirip dengan manusia, berasal dari serat-serat yang ditenun dari kepompong ulat sutera yang berupa protein yang akan rusak bila terkena detergen.

Tips Lainnya :   Cara Mencegah Kulkas Berjamur

1. Cara Mencuci Kain Sutera

Langkah pencucian kain sutera adalah sebagai berikut:

  1. Isi ember dengan air hangat lalu masukkan batang yang sudah diparut. Aduk air sampai parutan sabun batang mulai larut dalam air hangat.
  2. Masukkan kain sutera kedalam air hangat dan kucek perlahan terutama di bagian yang biasa bernoda, seperti bagian kerah, manset lengan dan ketiak.
  3. Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa air sabun.
  4. Isi kembali ember dengan putih masak sekitar 1/4 cangkir. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Celupkan bahan sutera sambil diayun lembut dalam air cuka. Tidak perlu dikucek-kucek lagi.
  6. Bilas lagi dengan air hingga bersih.
  7. Jangan peras bahan sutera dengan tangan karena bisa merusak bahan sutera yang lembut. Cara mengeringkannya adalah dengan cara digulung dalam handuk kering agar handuk kering menyerap air. Buka gulungan, lalu ulang lagi menggulungnya. Setelah itu buka gulungan dan biarkan diangin-anginkan tanpa terkena matahari langsung.

2. Cara Menyetrika Kain Sutera

Kain sutera biasanya bertekstur halus dan licin, sehingga sebenarnya tidak perlu disetrika pun dia tidak terlihat kusut. Namun bila memang kamu harus menyetrika busana berbahan sutera, caranya pun tidak sulit.

Tips Lainnya :   Merawat Vacuum Cleaner

Kain sutera bisa disetrika dengan panas sedang – tinggi. Tapi mulailah dengan panas rendah dulu baru naikkan perlahan saat menyetrika. Tips menyetrika kain sutera adalah selalu setrika bahan sutera dalam keadaan lembab. Karena kain sutera yang dibiarkan mengering di udara terbuka dan terkena sinar matahari akan menjadi kekuningan. Jika kain sutera mulai tampak mengering, bisa disemprot dengan spray yang bisa mengeluarkan semprotan halus. Isi botol spray hanya dengan air biasa saja tanpa perlu ditambahkan cairan pelicin setrikaan.

Setelah selesai disetrika, gantung pakaian berbahan sutera ini di gantungan baju yang memiliki pelapis busa. Atau untuk kain sutera seperti scarf, bisa diletakkan di permukaan datar sehingga dingin.

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.