Cara Membersihkan Kain Gorden Kusam

Kain yang sudah lama dipakai dan digantung pada bingkai jendela, biasanya akan menjadi kotor dan kusam akibat debu. Kotoran yang lengket di gorden pun manjadi sulit untuk dibersihkan karena kain gorden biasanya terbuat dari kain yang agak tebal dan berpori-pori sehingga kotoran masuk ke dalam pori-pori kain.

Untuk bisa membersihkan kain yang sudah kusam dan kotor ini, pertama-tama kamu lepaskan dulu semua gorden dan kibas-kibas lebih dulu untuk memastikan yang menempel di sudah hilang. Harap diingat jangan mengibas gorden di ruangan di dalam rumah, karena hanya akan membuat debu menempel di tempat yang lain.

Tips Lainnya :   Membersihkan Bagian Bawah Setrika dari Kerak

Lalu sebaiknya kamu rendam dulu kain ini di dalam seember air hangat yang telah diberi 2-4 cangkir garam kasar (garam bata) selama satu jam. Setelah direndam garam, biasanya kotoran yang melekat akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Selain larutan garam, bila gordenmu terlihat sangat kotor, bisa dicoba untuk membuat larutan berikut ini : Larutan terdiri dari 3 sendok takar deterjen, 3 sendok garam dan 3 liter air mendidih. Sebagai catatan, kompisisi garam, deterjen, dan air disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Artinya semakin besar yang ingin kita bersihkan, semakin banyak bahan yang kita butuhkan. Cobalah membuat larutan ini untuk mencuci gorden dengan ukuran sedang dulu.

Tips Lainnya :   Trik Membersihkan Wadah Plastik

Setelah direndam selama satu jam dengan larutan seperti tersebut di atas, selanjutnya gorden bisa dibilas dengan air bersih. Saat mengangkat gorden, kita bisa melihat larutan akan berwarna kehitaman yang menandakan luruhnya kotoran, sehingga membuat proses mencuci menjadi lebih mudah. Apabila dirasa masih ada kotoran yang melekat, bisa dibantu dengan disikat dengan sikat yang berbulu halus agar tidak merusak lapisan permukaan kain gorden. Setelah dibilas dan disikat lalu cuci biasa dengan detergen hingga bersih total.

Sebaiknya gorden dicuci dengan tangan agar lipatan-lipatan kainnya tidak hilang. Namun jika kamu terpaksa menggunakan mesin cuci, jangan keringkan gorden dengan tersebut. Setelah selesai dicuci, langsung gantungkan gorden di tali jemuran dan biarkan sampai kering. Setelah kering, gorden bisa langsung dipasang lagi pada gantungannya di jendela tanpa perlu disetrika lagi.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.