Tips Penggunaan Kain Lap sesuai Kebutuhan

Untuk kebutuhan bersih-bersih di rumah, Anda tidak bisa hanya memiliki satu jenis saja – misalnya atau berbahan katun. Tiap kebutuhan barang dan pembersihannya membutuhkan jenis kain lap yang berbeda.

1. Mengeringkan peralatan makan dari gelas. Membutuhkan atau yang terbuat dari katun, karena keistimewaan katun yaitu seratnya tidak mudah terlepas. Sedikit saja serat kain tertinggal, dapat terlihat jelas pada peralatan makan dari gelas. Jadi, sebaiknya menghindari menggunakan kain serbet yang mudah terlepas seratnya. Gunakan detergen lembut untuk menghilangkan noda air dan hindari sidik jari menempel pada gelas dengan memegang pada tangkainya.

2. Mengelap permukaan yang basah dan lebar. Idealnya adalah menggunakan kanebo untuk mengeringkan permukaan yang basah. Kain kanebo dapat menyerap air dalam jumlah banyak dan kemudian dikeringkan dengan beberapa kali perasan. Bahan kain lap kanebo juga umumnya sangat halus sehingga aman digunakan untuk peralatan berbahan krom atau untuk mengelap mobil yang baru dicuci.

3. Mengelap sepatu. Yang paling tepat adalah kain kaus yang sudah usang. Kain usang memiliki tekstur yang lebih halus karena pemakaian selama bertahun-tahun. Pakai satu kaus usang untuk menyemir sepatu dan kaus usang lainnya untuk menggosok sepatu. Usai pemakaian, buang kain segera karena uap dari semir sepatu bisa bersifat racun.

4. Menyerap cairan tumpah. Untuk permukaan tumpah yang luas, gunakan kain lap berbahan dasar handuk karena ribuan serat kain yang membentuk permukaan handuk akan menyerap cairan dengan mudah. Gunakan hanya untuk menyerap cairan saja dan jangan digosok terutama untuk permukaan yang halus.

5. Mengelap debu pada furnitur kayu. Gunakan kain elektrostatik karena ini tak hanya mengangkat debu dari permukaan perabot, tapi juga menarik dan menjaga agar partikel kecil debu tetap menempel pada kain lap. Sehingga debu tidak akan lepas kembali ke dalam ruangan yang dibersihkan.

6. Menghilangkan noda. Gunakan kain lap dengan serat mikro (microfiber) untuk menghilangkan noda pada permukaan yang rentan terhadap gesekan seperti layar komputer dan peralatan rumah tangga dari baja tahan karat seperti oven dan kulkas. Gunakan kain yang kering untuk menghilangkan noda kecil. Sementara untuk noda membandel berukuran besar seperti sidik jari atau noda berminyak, gunakan kain lap microfiber yang dilembabkan dengan air.

Ilustrasi:Freeimages.com

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.