Cara Membersihkan Noda Pada Sofa Tanpa Harus Dicuci

Sebagai tempat duduk dan berinteraksi antara anggota keluarga sehari-hari, pastilah ada saja noda-noda yang akan menempel pada sofa kesayanganmu di rumah. Mungkin itu es krim yang menetes, gorengan yang tak sengaja tumpah dan bahkan bisa jadi ada darah dari nyamuk yang tak sengaja kamu tepuk saat dia hinggap kekenyangan di atas sofa putihmu yang indah itu.

Aakkh, kalau sudah seperti ini, kamu harus segera bertindak membersihkan sofa yang terkena noda itu sebelum nodanya terlanjur menempel permanen pada permukaan cover sofamu. Apalagi jika cover sofamu terbuat dari bahan fabric atau jenis kain yang sangat cepat menyerap noda.

Simak tips berikut ini untuk bisa membersihkan sofa dari aneka macam noda tanpa harus sofa yang terkena noda tersebut.

Cara Membersihkan Noda Pada Sofa berbahan Kain/Fabric

1. Noda Tinta

Kita tentu tak ingin sofa kita yang cantiktercoreng oleh noda tinta atau ballpoint, bukan? Jangan khawatir, lakukan langkah berikut.

Sofa Putih :
Pertama, Teteskan cairan pemutih di sofa yang terkena noda. Kedua, Gosok noda dengan kain bersih. Ketiga, Gosok lagi noda dengan lap yang sudah dibasahi dengan air panas dan deterjen. Keempat, Lakukan beberapa kali sampai nodanya bersih. Diamkan sampai sofa mengering dengan sendirinya.

Sofa Berwarna :
Tekan-tekan kain yang sudah dibubuhi alkohol pada permukaan sofa yang terkena noda. Jangan mengusap noda tinta agar noda tinda tidak meluas. Gunakan kain kering yang bersih untuk mengangkat noda tinta dan alkohol. Lakukan berulang hingga noda benar-benar terangkat. JIka noda tinta sudah sulit dibersihkan, gunakan denatured alcohol dengan cara yang sama.

2. Noda Anggur

Penggemar anggur (wine) tidak perlu kuatir jika minuman ini tumpah. Hanya memang, jika tumpah di sofa, harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan bekas.

Untuk membersihkannya, basahi lap dengan alkohol, lalu lap noda tersebut. Setelah itu, gosok noda dengan lap yang sudah dibubuhi sampai bersih dan gosok lagi noda dengan lap yang sudah dibasahi air. Jika sudah bersih, keringkan sofa dengan lap kering atau di jemur.

3. Noda Es Krim

Es krim adalah salah satu makanan favorit anak-anak, bahkan orang dewasa. Namun, noda es krim bisa saja menodai sofa kesayangan Anda. Tidak perlu panik jika hal ini terjadi. Segera ambil sikat gigi bekas, basahi dengan air, lalu oleskan sedikit mandi. Sikat sofa yang terkena noda perlahan sampai noda hilang. Setelah bersih, segera keringkan sofa dengan lap bersih.

4. atau Minyak

Memakan gorengan rumah sebagai snack di sore sore bisa menjadi rutinitas yang menyenangkan untuk keluarga tercinta. Namun, tak jarang tetesan minyaknya atau bekas jari kita yang berminyak menodai sofa kesayangan kita. Untuk mengatasinya, Bunda dapat melakukan cara yang sama dengan mengatasi noda tinta.

Sofa Putih :
Pertama, Teteskan cairan pemutih di sofa yang terkena noda. Kedua, Gosok noda dengan kain bersih. Ketiga, Gosok lagi noda dengan lap yang sudah dibasahi dengan air panas dan deterjen. Keempat, Lakukan beberapa kali sampai nodanya bersih. Diamkan sampai sofa mengering dengan sendirinya.

Sofa Berwarna :
Taburkan bubuk halus yang memiliki daya serap tinggi seperti baking soda, halus, atau tepung maizena pada permukaan sofa yang terkena noda minyak. Sikat perlahan agar bubuk bisa menyerap ke dalam serat kain sofa. Biarkan selama satu jam, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner. Ulangi proses ini bila belum semua noda minyak terserap.

5. Noda darah

Ketika sofa tak sengaja ternoda oleh darah, segera ambil kain lap, lalu basahi dengan alkohol, kemudian bersihkan noda dengan lap yang beralkohol tersebut. Setelah itu, gosok noda dengan lap yang sudah dibubuhi deterjen sampai noda menghilang. Basuh noda dengan lap yang telah dibasahi air dan keringkan. Ulangi beberapa kali jika dirasa masih perlu.

Bila noda darah telah mengering akan terasa lebih sulit membersihkannya. Noda darah yang sudah mengering ini harus dikompres dengan kain agar menjadi lembab. Lalu campur tepung maizena dengan air sampai berbentuk pasta, lalu oleskan pada noda darah yang sudah dilembabkan tadi. Jika memungkinkan jemur sofa di bawah sinar matahari. Bila adonan pasta maizena suda mengering, sikat sampai bersih. Bila masih ada noda darah yang tertinggal, ulangi lagi proses ini.

6. Noda Minuman Soda

Saat baru tumpah, segera gunakan tisu untuk menyerap sisa-sisa air soda yang masih menempel di permukaan sofa. Lalu taburkan bubuk atau Soda kue di permukaan sofa yang basah agar lebih banyak cairan noda yang terserap. Setelah kering, bersihkan baking soda di permukaan sofa dengan atau sikat sofa. Lalu untuk membersihkan noda yang masih tersisa, buat campuran dari air hangat dengan 1/4 sendok cairan pencuci piring. Dengan spons yang bersih, celupkan ke cairan cuci, peras dan gosokkan ke permukaan sofa untuk menghilangkan sisa noda minuman soda.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.