Cara Mudah Memandikan Anjing Kesayanganmu

Memandikan kesayanganmu merupakan rutinitas yang tidak hanya membuat hewan peliharaanmu lebih bersih tapi juga lebih sehat. Jika dilakukan dengan benar, bahkan tak hanya membuat anhing bersih dari kuman, tapi juga dapat menjalin ikatan emosional dan membuat kamu bisa selalu menjaga kondisi kesehatannya. Misalnya saat kamu sedang memandikan anjing, kamu bisa memeriksa adanya benjolan, radang atau gigitan serangga yang mungkin tidak terlihat karena tertutup bulu atau pun karena anjingmu aktif bergerak.

Nah agar proses memandikan hewan peliharaanmu bisa jadi proses yang menyenangkan dan mudah dilakukan, berikut adalah tips-tips memandikan yang bisa kamu coba.

1. Siapkan Peralatan Mandi

Agar tiap kali waktu mandi tiba, kamu tidak mesti kesana kemari mencari peralatan mandinya, sebaiknya kumpulkan semua dalam satu wadah atau ember. Sehingga tiap kali mesti memandikan anjing, kamu tinggal mengangkat ember tersebut. Ember tersebut isinya adalah:

  1. Sikat yang lembut (jangan gunakan sikat yang kasar)
  2. Alas anti slip untuk keperluan memandikan dalam bak atau ember lebar
  3. Showerhead yang dapat dipegang dengan tangan
  4. Shampo lembut khusus
  5. Bisa tambahkan kondisionernya juga
  6. Handuk
  7. Blow dryer bila dibutuhkan
Tips Lainnya :   Perawatan Harian Kucing dan Anjing Agar Sehat

2. Berapa Kali Sebaiknya Dimandikan

Kebanyakan oerlu dimandikan setiap tiga sampai dengan enam minggu sekali. Namun anjing perlu dimandikan lebih sering jika anjing memiliki rambut yang sangat berminyak atau alergi. Dan tentu saja bila anjing terlihat kotor akibat bermain di tempat yang berlumpur, maka ia pun harus dimandikan. Namun bila tidak ada kejadian khusus yang membuatnya kotor, maka jangan mandikan terlalu sering karena akan membuat kulitnya menjadi kering.

3. Langkah Memandikan

berukuran kecil bisa dimandikan dalam ember lebar. Sementara anjing berukuran sedang atau besar dapat dimandikan dengan berdiri di dalam bak mandi atau di bawah pancuran bila dimandikan di luar rumah.

Jika memandikan di dalam bak mandi di dalam rumah, gunakan alas lantai anti slip dan sebaiknya gunakan air hangat agar anjing tidak kaget. Namun bila anjingmu sedang mengalami gatal pada kulit, mandi dengan air dingin mungkin bisa memmbuatnya merasa lebih nyaman.

Gunakan shower head khusus hewan untuk memastikan seluruh bagian anjing terkema siraman air.

Tips Lainnya :   Perawatan Harian Kucing dan Anjing Agar Sehat

Berikut adalah langkah-langkah dalam proses memandikan anjing :

  • Pertama, sikat rambut anjing secara menyeluruh untuk melepaskan bulu yang kusut dan membuang rambut yang rontok. Gunakan sikat yang lebih renggang bila anjing kamu memiliki rambut panjang dan bergelombang. Untuk anjing dengan panjang rambut sedang atau pendek, bisa menggunakan curry brush.
  • Jangan lupa untuk membersihkan telinga dan menghilangkan kotoran disana. Letakkan bola kapas di setiap telinga untuk mencegah air masuk ketika anjing dimandikan, karena apabila terdapat air yang masuk ke dalam telinga bisa menimbulkan infeksi.
  • Ketika menyabuni anjing, kepala sabun adalah bagian yang terakhir kali disabuni. Gosokkan shampo ke badan hewan dengan menggunakan sarung tangan penggosok mengikuti arah tumbuhnya rambut untuk anjing berambut panjang. Untuk anjing berambut pendek, gosok dengan arah memutar.
  • Kalau rambut anjingmu pendek, keringkan rambut dengan cara membungkus badan anjingmu dengan handuk kering, kemudian gosok-gosok hingga kering. Untuk anjing berambut panjang, tepuk-tepuk badannya dengan handuk agar rambut tidak kusut dan serap sebanyak mungkin air dengan handuk tersebut. Atau kalau kamu punya, bisa menggunakan hair blow dryer untuk anjingmu yang berambut panjang.

    Setelah mengeringkan rambut, maka jangan lupa untuk menyeka telinga dan mengeluarkan bola kapas dari dalam telinga. Dan setelah rambutnya kering, barulah kamu rambutnya sekali lagi dan ucapkan “Anjing pintar!”

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.