Thursday, May 6#PakaiMasker #StayAtHome

Bunga Saffron: Rempah Mahal Dengan Segudang Manfaat

Berbagai tanaman yang ada memang diciptakan dengan beragam manfaat yang dapat digunakan oleh manusia dan hewan. Namun, tak hanya dimanfaatkan sebagai salah satu sumber makanan saja, tanaman juga dapat dimanfaatkan di bidang dan kesehatan. Salah satu jenis tanaman yang sedang populer dan sering dimanfaatkan di kedua bidang tersebut adalah . Tanaman rempah saffron ini ternyata menjadi salah satu rempah mahal di dunia yang mempunyai segudang manfaat. Lalu bagaimana cara kita mendapatkan manfaat berlimpah dari bunga saffron? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bunga Saffron | Image by Ulrike Leone from Pixabay

Bunga Saffron

Sebelum mulai membahas tentang manfaat bunga saffron, ada baiknya untuk mengetahui tentang jenis rempah satu ini. Saffron yang juga disebut bunga Crocus Sativus adalah tanaman bunga beraroma kuat yang mengandung banyak antioksidan. Tanaman ini juga dikenal dengan harganya yang mahal sebab proses memanennya tergolong rumit. Dimana petani saffron harus memanen lembaran halus yang menyerupai benang atau putik dari setiap bunga satu persatu secara manual sehingga tak heran jika disebut sebagai salah satu rempah termahal di dunia. 

Aroma saffron terbilang unik mirip seperti jerami sebab mengandung bahan kimia yaitu safranal dan picrocrocin. Saffron sendiri juga memiliki tampilan berwarna kuning keemasan yang disebabkan oleh pigmen karotenoid atau disebut crocin. Meskipun akhir-akhir ini sedang sangat populer baik di dunia kecantikan maupun kesehatan, saffron bukanlah merupakan penemuan baru. Bunga ini mengandung segudang manfaat yang berguna bagi kesehatan serta kecantikan. 

Manfaat Bunga Saffron Untuk Kecantikan

  • Mengandung Antioksidan
    Saffron mengandung crocetin, kaempferol, safranal dan crocin yang merupakan jenis antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul reaktif yang menumpuk secara alami akibat paparan lingkungan. Radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh menyebabkan stres oksidatif sehingga dapat meningkatkan risiko kerusakan sel, termasuk sel-sel pada wajah. Oleh karena itu, pemanfaatan saffron sebagai masker dapat dilakukan untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.
  • Mengurangi Iritasi Kulit
    Manfaat bunga saffron untuk wajah berikutnya adalah mengurangi iritasi pada kulit. Saffron yang mengandung antioksidan seperti crocetin, crocin dan kaempferol ternyata juga dapat bermanfaat sebagai zat antiradang. Berdasarkan sebuah penelitian, zat anti radang disebut mampu membantu mengurangi ruam, iritasi serta pembengkakan pada kulit.
  • Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet
    Saffron yang mengandung senyawa flavonoid atau antioksidan seperti kaempferol dan quercetin, ternyata sangat berguna dalam dunia kecantikan. Manfaat bunga saffron untuk wajah ini adalah sebagai pelindung kulit dari paparan sinar ultraviolet yang disebabkan oleh cahaya matahari.
  • Mengatasi Lingkaran Hitam Pada Mata
    Kamu yang sering mengalami masalah sulit tidur di malam hari sehingga menyebabkan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata, maka memanfaatkan saffron bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Kamu dapat memanfaatkan bunga ini dalam bentuk masker agar efek yang didapat lebih maksimal. Cara menggunakan masker saffron untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan 2-3 helai saffron dan merendamnya dengan air hingga semalaman. Kemudian, esok harinya haluskan saffron sampai larut dengan air. Barulah masker mata dari saffron ini siap untuk digunakan.
  • Mengatasi Bekas Jerawat
    Selain dapat mengurangi iritasi kulit, saffron juga bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat. Agar mendapatkan hasil yang optimal, kamu bisa menambahkan dalam penggunaannya sebagai masker wajah. Untuk cara mengaplikasikan masker saffron cukup dengan cara menyiapkan sekitar 3-4 helai saffron dan mencampurnya dengan ¼ gelas susu. Kemudian, rendam saffron ke dalam susu hingga 2 jam dan masker saffron pun siap digunakan.
  • Mencerahkan Kulit Wajah
    Manfaat bunga saffron untuk wajah yang satu ini pasti disukai oleh kaum hawa. Saffron ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengembalikan rona alami kulit wajah. Kamu bisa membuat masker saffron untuk mencerahkan wajah dengan mencampurkan essential ke dalamnya. Perpaduan masker saffron dan minyak essential dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit serta membuat kulit tampak lebih bercahaya. Pengaplikasiannya juga tidak sembarangan, sebab kamu perlu memijat kulit wajah searah jarum jam setelah pengolesan masker, lalu tunggu hingga 1 jam dan bilas wajah dengan air hingga bersih.
  • Mengurangi Hitam
    Tak hanya mengatasi bekas jerawat saja, saffron juga mampu mengurangi noda hitam di wajah, bintik hitam atau bekas luka di kulit. Manfaat bunga saffron untuk wajah ini akan lebih maksimal di dapatkan dengan mencampur helaian saffron dengan . Kemudian kamu dapat menggunakan campuran keduanya sebagai masker wajah. Pembuatan masker saffron untuk mengurangi noda hitam juga mudah. Kamu dapat mencampurkan 2-3 helai saffron dengan satu sendok makan madu. Setelah itu, oleskan masker ke seluruh permukaan wajah sambil memijatnya dengan gerakan yang lembut. Lalu, tunggu hingga beberapa menit barulah bilas wajah dengan air bersih.
  • Mengatasi Kulit Kering
    Berikutnya, saffron juga bermanfaat untuk membantu mengatasi kulit kering. Kamu dapat menggunakan saffron sebagai masker yang sebelumnya telah dicampur dengan susu. Perpaduan dari saffron dan susu akan membantu untuk melembabkan kulit yang kering sehingga wajah akan terlihat jauh lebih sehat. Kamu juga dapat membuat masker saffron sendiri dengan mencampurkan ¼ helai saffron, 2 sendok makan susu bubuk serta 4-5 helai saffron. Setelah semua bahan tercampur, oleskan masker pada wajah dan diamkan sekitar 15 menit lalu bilas wajah dengan air sampai bersih.
Tips Lainnya :   Pupuk Alami Air Akuarium dan Ampas Teh

Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan

  • Melawan Radikal Bebas
    Tak hanya bermanfaat dalam kecantikan saja, saffron juga berkhasiat untuk kesehatan yaitu melawan radikal bebas. Bunga yang mengandung antioksidan tinggi ini dapat membantu melawan stress oksidatif dan radikal bebas dalam tubuh. Sebab stress oksidatif serta radikal bebas dapat menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker dan penyakit jantung.
  • Mencegah Gangguan Syaraf
    Selain melawan radikal bebas, antioksidan yang terkandung dalam saffron juga berperan melindungi tubuh dari gangguan syaraf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa crocin pada saffron juga dapat mengurangi peradangan serta kerusakan oksidatif di otak. Selain itu, saffron juga berperan meringankan gejala alzheimer sebab dapat membantu meningkatkan daya ingat.
  • Meningkatkan Suasana Hati
    Khasiat bunga saffron untuk kesehatan berikutnya adalah meningkatkan suasana hati atau mood booster sehingga juga berguna untuk menunjang pengobatan penderita depresi. Ekstrak saffron disebut dapat meningkatkan kadar dopamin tanpa mengubah kadar hormon lain yang ada di otak. Meski begitu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter jika ingin menjadikan saffron sebagai terapi pelengkap untuk meningkatkan mood penderita depresi.
  • Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Menjelang Haid
    Khasiat bunga saffron untuk kesehatan yang satu ini diperuntukkan khusus untuk kaum wanita. Sebab wanita yang mengalami gejala sindrom PMS atau pra menstruasi dapat mengkonsumsi saffron untuk meredakan gejalanya. Selain itu, mencium aroma bunga ini selama 20 menit juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang biasa timbul sebelum haid.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
    Melalui berbagai penelitian, saffron terbukti dapat membantu menurunkan berat badan serta mencegah nafsu makan yang berlebihan. Kamu dapat memperoleh khasiat saffron dengan menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi saffron untuk mengontrol nafsu makan.
  • Meningkatkan Gairah Seksual
    Khasiat saffron untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkatkan gairah seks dan fungsi seksual pada pria maupun wanita. Sebuah penelitian menyebutkan jika saffron berefek positif dalam mengatasi disfungsi ereksi dan masalah dorongan seksual. Selain itu, saffron juga dapat digunakan oleh wanita yang mengalami masalah disfungsi seksual  yang diakibatkan pengonsumsian anti depresan.
  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
    Kandungan antioksidan dalam saffron tak hanya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas saja, namun juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam bunga ini disebut mampu menurunkan kolesterol dalam darah serta mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sehingga, hal tersebut dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke serta serangan jantung.
Tips Lainnya :   Pupuk Alami Air Akuarium dan Ampas Teh

Efek Samping Saffron

Dibalik banyaknya manfaat saffron di bidang kesehatan dan kecantikan, ternyata mengkonsumsi saffron berlebihan juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Untuk itu, berikut beberapa kemungkinan ketika kita mengkonsumsi saffron secara berlebihan.

  • Keguguran
    Saffron bersifat meningkatkan panas dan suhu tubuh ketika sudah dikonsumsi. Hal tersebut menyebabkan peningkatan kontraksi pada uterus sehingga jika dikonsumsi oleh ibu hamil pada minggu awal kehamilan dapat mengakibatkan terjadinya keguguran. Itulah sebabnya, pengonsumsian saffron sangat disarankan bagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester kedua. Selain itu, berkonsultasi dengan dokter kandungan juga diperlukan sebelum mulai mengkonsumsi saffron agar mendapatkan penjelasan lengkap tentang dosis aman bagi ibu hamil.
  • Keracunan
    Mengkonsumsi saffron dalam sehari memang tidak boleh berlebihan sebab dapat mengakibatkan hal fatal. Ketika kita mengkonsumsi saffron dengan dosis tinggi diatas 5 gram dapat menimbulkan terjadinya reaksi alergi pada tubuh atau keracunan. Sehingga kamu perlu memperhatikan dosis saffron yang akan dikonsumsi.
  • Sakit Kepala
    Selain mengakibatkan keracunan, mengkonsumsi rempah ini secara berlebih juga dapat menimbulkan efek samping utama berupa sakit kepala. Biasanya sakit kepala juga akan diikuti dengan rasa mual, pusing serta kepala terasa penuh.
  • Rasa Gembira Berlebih
    Tak hanya menyebabkan sakit kepala serta reaksi alergi saja. Seorang ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Irmanida Batubara, juga menyebutkan jika seorang pria mengkonsumsi saffron dengan dosis diatas 13,5 gram dapat menimbulkan efek berupa rasa gembira yang berlebih sehingga dapat berdampak buruk bagi otak dan bahkan berakibat fatal.
Tips Lainnya :   Pupuk Alami Air Akuarium dan Ampas Teh

Cara Konsumsi Bunga Saffron

Saffron tak hanya dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul suplemen saja, tetapi juga dapat dikonsumsi dengan cara menyeduhnya sebagai minuman. Kamu dapat mengkonsumsi saffron sebanyak 30 mg saja per harinya agar tidak berlebihan dan mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Cara menyeduhnya hanya dengan menyiapkan sekitar 500 ml air dan menambahkan 3-5 helai saffron ke dalamnya. Kemudian, tunggu hingga air berubah warna menjadi kuning keemasan dan minuman saffron pun siap untuk dikonsumsi.

Bunga saffron menjadi salah satu tanaman yang menyimpan segudang manfaat, tidak hanya dalam hal kecantikan tapi juga kesehatan. Itulah sebabnya dalam keadaan seperti saat ini, mengkonsumsi saffron juga akan berguna bagi tubuh. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan! Konsumsilah saffron sesuai kebutuhan untuk mendapatkan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.