Cara Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki sebenarnya adalah kondisi yang normal, terutama ketika kaki dalam kondisi tertutup dalam waktu cukup lama, dan tidak mengenakan kaus kaki yang dapat menyerap kelembaban yang terjadi dalam yang tertutup dan lembab.

Menghilangkan bau kaki kunci utamanya adalah menjaga kebersihan kaki, yaitu dengan rutin kaki dengan air dan sabun. Terutama bila kaki sudah lama tertutup dengan sepatu, biasanya akan lembab dan bisa menimbulkan jamur yang menyebabkan bau kaki.

Cara Mencegah Timbulnya Bau Kaki

Karena itu penting untuk menjaga agar kaki selalu dalam kondisi kering bila tertutup. Jangan lupa untuk mengeringkan kaki setelah dicuci, karena kaki yang basah tertutup dengan juga akan memunculkan bau tidak sedap karena adanya jamur yang tumbuh.

Selain itu bagi yang sehari-harinya mengenakan tertutup, sebaiknya menggunakan kaus kaki. Pilihlah kaus kaki katun karena kaus kaki berbahan katun dapat menyerap keringat dan membuat kaki bernafas lebih baik dan jangan lupa untuk mengganti kaus kaki setiap hari,

yang kotor sebaiknya segera dicuci dan dikeringkan. Bila kita mengenakan sepatu tertutup tanpa kaus kaki seharian, biasanya sepatu akan terasa lembab karena terkena keringat kaki kita. Angin-anginkan sepatu sebelum disimpan dalam atau kotak agar bagian dalam sepatu kering. Atau bisa juga dengan memasukkan arang ke dalam sepatu untuk menyerap kelembaban. Selain arang, juga bisa dengan menaburkan baking soda untuk menyerap kelembaban dan bau dari sepatu. Setelah ditaburkan baking soda, bersihkan sepatu dengan cara dihisap dengan atau disikat dengan sikat yang bersih dan kering.

Cara Mengatasi Bau Kaki

Namun, jika kita sudah memiliki masalah dengan bau kaki, cobalah beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan bau kaki.

1. Gunakan Tawas.

Campurkan satu sendok teh tawas dengan air sampai mencapai mata kaki, lalu rendam kaki selama 30 menit, setelah selesai bilas kaki dengan menggunakan air bersih. Ulangi setiap 4 hari sekali, dalam sebulan masalah bau kaki akan berkurang.

2. Garam.

bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Campurkan secangkir garam ke dalam satu baskom air hangat dan rendamkan kaki selama 20-30 menit.

3. Gunakan sari cuka apel.

Untuk mengontrol bau kaki, rendamlah kaki beberapa kali dalam seminggu dengan mencampurkan sari cuka apel dengan air hangat. Apabila tidak ada cuka apel, bisa menggunakan cuka masak lainnya. Campurkan setengah gelas cuka dengan satu baskom air hangat dan rendam selama 15 menit.

4. Lemon.

Untuk lemon, peras sekitar 5-6 buah lemon campurkan ke dalam satu baskom air hangat dan rendam selama 15 menit. Kandungan anti bakteri pada lemon dipercaya dapat menghilangkan bau. Kulit lemonnya juga dapat digunakan sbagai scrub untuk membersihkan bagian kaki yang kotor seperti tumit dan kuku. Terkadang penyebab bau kaki adalah kotoran yang terselip di sela-sela kuku.

5. Teh hitam.

Zat asam yang terkandung pada teh hitam dapat membunuh bakteri dan menutup pori-pori sehingga mencegah keringat berlebih yang memicu bau tidak sedap. Cara menggunakan teh hitam untuk menghilangkan bau kaki cukup mudah: rendamlah kaki dalam setengah liter air hangat yang telah diberi teh hitam. Biarkan selama 30 menit, lalu Anda rendam kaki kembali di air biasa setelahnya untuk menyegarkan kaki.

6. Bubuk kopi.

Buat campuran bubuk kopi dengan air hingga berbentuk pasta yang bisa dioleskan ke permukaan kaki sampai rata tertutupi seperti layaknya kita maskeran. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

7. Cucilah kaki setiap hari dengan menggunakan sabun anti bakteri.

Pastikan kaki sudah dalam keadaan benar-benar kering sebelum menggunakan atau sandal, karena kaki yang masih lembab memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Bagaimana? Selamat mencoba dan katakan selamat tinggal bau kaki.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.