Kiat Kulkas Hemat Listrik

Ilustrasi Listrik | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Kulkas sudah menjadi salah satu kebutuhan penting hampir di setiap rumah dan di setiap bidang bisnis yang memerlukannya. Bagi para ibu rumah tangga, memiliki kulkas artinya ada untuk listrik yang diperlukan kulkas. Nah, ternyata ada kiat kulkas , dimana ada beberapa perlakuan khusus yang bisa kita terapkan sehari-hari agar kulkas . Yuk Bunda, kita bahas lebih jauh.

Dalam artikel 10 Kiat Menghemat Energi Kulkas sebelumnya, kita sudah membahas detail hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi kulkas. Namun, ada beberapa tambahan perlakukan sehari-hari yang bisa kita terapkan untuk menghemat listrik barang ini, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Jangan membuka tutup pintu kulkas terlalu sering, sebab hal ini akan mengalirkan hawa dingin kulkas keluar.

Saat hawa dingin kulkas keluar, kompesor kulkas akar bekerja lebih keras untuk menstabilkan suhu di dalam kulkas yang berkurang dinginnya dan ini artinya akan menyedot energi listrik lebih besar.

Hal ini sering terjadi jika dirumah ada anak kecil yang sering main dengan membuka tutup kulkas untuk mendapatkan hawa dingin. Jika hal ini yang terjadi, pastikan anak kita telah menutup rapat pintu kulkas agar tidak ada hawa kulkas keluar yang menyebabkan kompesor kulkas bekerja lebih keras terus menerus selama pintu kulkas masih terbuka.

Kedua, Jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas meski dengan niat mendinginkan.

Prinsip yang sama seperti berlaku dalam hal ini. Saat ada makanan atau minuman yang panas dimasukkan ke dalam kulkas, suhu kulkas akan berubah dan kompesor bekerja lebih keras untuk menstabilkan kembali suhu dalam ruang kulkas.

Ketiga, Jangan memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam kulkas atau dengan kata lain, jangan biarkan kulkas kita terlalu penuh.

Baca juga 10 Kiat Menghemat Energi Kulkas

Saat kulkas terlalu penuh, dia akan menghambat proses pendingan dan kompesor akan bekerja lebih keras untuk bisa mencapai suhu normal kulkas.

Wah, ternyata sedikit perlakuan dalam memakai kulkas bisa berakibat menghemat listrik dari kulkas kita. Selamat mencoba Bunda 🙂

Artikel dalam Serial ini: 6 Cara Merawat Kulkas3 Kiat Membeli Mesin Cuci (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *