Furniture untuk Ruang Sempit

Ilustrasi Kursi Sofa | Img:freeimages.com
Ilustrasi Kursi Sofa | Img:freeimages.com

Kadang, kita berhadapan dengan kondisi dimana ruang rumah atau apartemen kita sempit. Biasanya hal ini cukup lazim di kota-kota besar, khususnya karena keterbatasan lahan yang ada. Tentu kita harus beradaptasi dalam hal ini. Bagaimana kita bisa membeli untuk ruang sempit? Tentu yang pas dalam hal ini. Hal ini perlu kita pelajari saat kita berhadapan dengan situasi ini.

Baru-baru ini saya melihat sebuah video pendek, tentang seorang anak muda, seorang mahasiswa yang kebetulan memang berlatang belakang arsitek. Dia mampu mendesain ruang kamar kosnya yang kecil menjadi ruangan yang mampu menampung banyak hal dengan mengubah gaya furniture ruang kamar tersebut.

Ternyata, kelebihan kamar kosnya yang kecil itu adalah langit plafonnya yang tinggi. Ruang kosong ke atas inilah yang dimanfaatkan mahasiswa calon aristek ini.

Tempat tidurnya dia design jauh meninggi di atas berserta dengan satu lemari pakaian yang menempel di dinding. Ruang kamar yang ada di bawah tempat tidurnya, dia jadikan ruang tamu mungil sekaligus ruang belajarnya. Sangat kreatif dan mengesankan sekali.

Secara umum, kita juga bisa mensiasati hal ini. Ada beberapa kiat yang bisa kita terapkan dalam hal ini, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Menggunakan furniture multifungsi.

Misalnya, kita membeli meja, atau kursi yang bagian bawahnya memiliki laci penyimpanan atau yang permukaannya bisa dibuka agar kita bisa meletakkan banyak barang. Saat ini banyak juga meja tamu dengan design laci dibawah yang bisa menjadi tempat penyimpanan beberapa barang seperti majalah atau bahkan barang lain yang ingin kita simpan disana.

Contoh lain, kita bisa memilih tempat tidur yang memiliki laci dibawahnnya yang bisa kita gunakan untuk menyimpan selimut, seprei dan pakaian lainnya.

Saat kita ingin membeli sofa misalnya, belilah model satu sofa yang panjang yang sekaligus bisa kita gunakan untuk tempat tidur ekstra saat ada tamu.

Kedua, Memperhatikan struktur ruangan dengan memilih desain furniture yang tepat

Hampir sama dengan kiat pertama di atas, hanya yang dimaksud disini adalah belilah furniture yang ringan dan mudah dipindah dan tidak terlalu bersar untuk ruangan yang sempit. Hal ini penting agar ruangan terkesan masih memiliki ruang kosong.

Baca Juga 5 Kiat Membeli Furniture Baru

Perhatikan juga warna untuk furniture kita. Misalnya, kita menyukai warna gelap karena terasa anggun. Tapi sayangnya hal ini kurang cocok untuk ruang sempit. Pilihlah warna putih, warna pastel atau warna yang muda, karena warna-warna yang relatif terang ini juga memberi efek ruangan terasa lebih luas.

Bagaimana? Selamat mencoba 🙂

Tips ini sudah dibaca 1038 kali

Artikel dalam Serial ini: Tips Memilih Mesin Cuci6 Kiat Merapikan Ruang Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.