Cuka Si Pembersih Murah

Ilustrasi Talenan Kayu I Img: freeimages.com
Ilustrasi Talenan Kayu I Img: freeimages.com

Tahukah Bunda, bahwa memiliki banyak manfaat, karena selain untuk bumbu masak, ia bisa kita gunakan untuk membersihkan aneka peralatan di rumah kita. Berikut ini beberapa hal yang bisa Bunda bersihkan dengan .

Lantai kamar mandi
Bersihkan lantai kamar mandi Anda yang mulai kusam dan menghitam dengan mencampur 1/2 cangkir baking soda, 1 cangkir cuka putih, dan 1 cangkir amonia. Larutkan ketiga bahan tadi dengan 4 liter air. Gunakan untuk menggosok lantai kamar mandi Anda. Lantai Anda akan kembali bersih.

Panggangan
Cuka bisa membersihkan bekas panggangan Anda yang menghitam. Semprotkan cuka putih ke panggangan Anda yang kotor dan biarkan sesaat. Kotoran bekas bumbu yang mengering akan luntur dan Anda bisa menggosok panggangan dengan spons keras.

Noda dan di cangkir keramik atau porselen
Campur cuka dan baking soda di bagian bernoda pada cangkir keramik Anda. Gosok dengan kain, noda kopi dan teh yang melekat pada cangkir akan menghilang.

saluran air
Tuangkan 1 cangkir baking soda dengan 1 cangkir cuka ke dalam toilet, wastafel, atau kitchen sink anda. Siram dengan air panas. Campuran ini akan membersihkan lapisan lemak dan kotoran yang melekat pada pipa saluran air di rumah anda. Lakukan rutin sebulan sekali agar pipa saluran air di rumah tidak mampet.

Talenan kayu
Bersihkan talenan kayu Anda dari kuman dengan menuangkan sedikit cuka di permukaan talenan lalu seka dengan kain lap.

Bau amis pada peralatan makan
Bila peralatan makan anda terendus bau anyir atau amis, rendam dalam air hangat yang sudah diberi sedikit sabun cuci piring dan tuangkan satu sendok makan cuka. Setelah air mendingin, bilas peralatan makan dengan air bersih.

Membersihkan
Seka dan bersihkan kulkas anda dengan campuran air dan cuka.

Perlengkapan dari stainless steel
Bersihkan perlengkapan rumah anda yang terbuat dari stainless steel dengan cara menuangkan beberapa tetes cuka ke kain lap anda lalu seka sampai permukaan stainless steel bersih dan mengkilap kembali.

Membersihkan lapisan setrikaan
Lapisan bawah setrikaan seringkali kotor akibat menyeterika sablonan yang kualitasnya kurang baik. Alhasil setrikaan tak lagi licin. Coba semprotkan cuka putih ke bagian dasar setrikaan Anda yang kotor. Kotoran pun akan luntur.

perhiasan
Rendamlah perhiasan emas atau perak Anda ke dalam sebaskom air hangat yang dicampur dengan setengah cangkir cuka. Diamkan selama 3-5 menit, lalu gosok dengan sikat gigi bekas. Perhiasan akan kembali mengkilap seperti baru.

Membersihkan
Dengan menggunakan wadah tahan microwave, masukkan larutan dari 1 cangkir air dan 1/4 cup cuka ke dalam microwave. Nyalakan microwave dan biarkan larutan air dan cuka mendidih. Matikan microwave dan hati-hati mengeluarkan wadah tersebut karena panas. Bekas bau tidak sedap pada microwave akan hilang dan microwave dapat dengan mudah dibersihkan dengan kain lap.

Menjaga warna pada baju
Campurkan sedikit cuka pada air dan larutan pelembut. Lalu rendam pakaian berwarna Anda di dalamnya. Warna pakaian Anda akan kembali cemerlang bak baju baru.

Bagaimana Bunda, menarik bukan? Cuka ternyata sangat bermanfaat dan bahan yang murah untuk didapatkan. Selamat mencoba.

Tips ini sudah dibaca 6740 kali

Artikel dalam Serial ini: Kiat Mencuci Bahan TebalMengawetkan Bunga Potong (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.