Cara Mengusir Tikus


Rasanya siapa pun yang melihat ada tikus berkeliaran di rumahnya pasti akan segera mencari cara bagaimana mengusir tikus tersebut. Beberapa cara di bawah ini merupakan cara-cara yang sering dilakukan orang untuk mengusir dan memberantas tikus dari rumah mereka.

Memelihara hewan seperti jangkrik, kucing atau ular bisa menjadi salah satu cara. Jangkrik, diyakini tikus tak suka dengan suara jangkrik. Tapi selain tikus, telinga Anda pun mungkin agak terganggu dengan suara sang jangkrik.

Kucing, mungkin efektif untuk tikus-tikus yang berukuran mini. Tapi untuk tikus-tikus raksasa, kucing Anda mungkin akan lari terbirit-birit karena kalah ukuran badan. Selain itu, kucing zaman sekarang terutama yang di kota besar, tampaknya sudah tidak terlalu berminat memburu tikus.

Ular, mungkin Anda harus meyakinkan diri Anda sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memelihara hewan yang satu ini. Lagipula, tidak semua tikus disukai ular. Dan kalau pun Anda memelihara ular untuk membasmi tikus, tentunya Anda harus membiarkan ular peliharaan Anda berburu tikus di rumah Anda bukan? Saya sih tidak akan memilih opsi ini untuk membasmi tikus 🙂

Alat pengusir tikus elektrik. Selain harganya mahal, alat ini sudah mulai banyak dikeluhkan karena kurang ampuh. Saya sudah mencoba tiga macam alat pengusir tikus elektrik. Kemungkinan besar alat ini hanya bekerja untuk tikus besar, karena setelah saya memasang alat ini, saya temukan tikus berukuran kecil seperti curut tetap saja berkeliaran di dalam rumah.

Minyak mint. Oleskan minyak mint pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus katanya sih tidak suka bau mint. Saya sudah mencoba tips ini, tapi tampaknya tikus jenis curut tetap saja mondar-mandir di rumah saya.

Racun tikus. Cara ini sangat ampuh. Tapi tikus-tikus yang telah menelan racun seringkali mati di tempat-tempat yang tersembunyi sehingga bangkainya menimbulkan bau yang tak sedap. Ini adalah metode paling efektif untuk melenyapkan tikus. Tapi saya pun pernah harus kerepotan berusaha menyingkirkan tikus yang mati di sela-sela rangka atap saya. Walau saya sudah menggunakan racun tikus yang katanya bisa bikin tikus mati kering, tapi saya temukan tikus itu mati dan sempat mengeluarkan bau tidak sedap.

Perangkap tikus. Anda dapat memancing tikus untuk masuk ke dalam perangkap Anda dengan meletakkan sepotong daging atau selai kacang/coklat. Pastikan jebakan Anda terpasang dengan tepat agar umpan Anda tak sia-sia. Saya pernah coba ini dan akhirnya saya memutuskan tidak melanjutkan lagi karena saya bingung apa yang harus saya lakukan dengan tikus hidup yang sudah saya tangkap ini. Untuk membunuhnya dengan tangan saya sendiri, saya tidak tega. Akhirnya saya tidak lagi menggunakan cara ini

. Hancurkan kasar kapur barus kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif. Murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi. Cara ini masih tetap saya lakukan.

Buah Mengkudu. Potong 2-3 buah mengkudu menjadi beberapa bagian, lalu tempatkan pada wadah. Letakkan wadah di tempat-tempat yang kerap dilalui tikus. Bau menyengat dari buah mengkudu tak disukai tikus dan mudah-mudahan bisa mengusir tikus pergi.

Cara efektif lainnya yang saya lakukan adalah memastikan tidak ada lubang-lubang yang mana bisa dijadikan jalan masuk ke dalam rumah oleh tikus. Dan jangan membiarkan makanan terbuka berada di luar begitu saja karena ini akan membuat tikus menjadi termotivasi untuk berusaha masuk ke dalam rumah.

Selamat berburu tikus!

Artikel dalam Serial ini: Cara Alami Mengusir NyamukCara Mengusir Semut dari Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *