Merawat Sepatu Basah di Musim Hujan

Ilustrasi. Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Di seperti saat ini, kadang kala sepatu yang kita gunakan sehari-hari terkena percikan air bahkan bisa jadi terjeblos genangan air. Bila sepatu anda sepatu kets berbahan kanvas yang tahan air, anda bisa segera mencuci dan membersihkan sepatu anda tersebut. Sebaiknya tidak menggunakan deterjen saat mencuci sepatu, cuci dengan air hangat dan sabun mandi cair atau shampo dan saat menjemur jangan langsung kena sinar matahari.

Namun bila sepatu anda berbahan yang lain, sebaiknya lakukan tindakan berikut ini agar sepatu tidak cepat rusak akibat terkena air.

Setibanya anda di rumah segera lepaskan sepatu lalu lap dengan kertas koran sampai kering. Bila bagian dalam sepatu ikut basah, gumpalkan kertas koran dan masukkan ke dalam sepatu agar koran bisa menyerap air. Ganti koran basah dengan koran kering, lakukan sampai tidak terasa kelembaban lagi pada kertas koran. Lalu jemur sepatu dalan keadaan berdiri agar udara bisa masuk ke segala arah. Bila Anda memiliki kipas angin, bisa menggunakan angin dari kipas tersebut.

Sepatu Kulit

Bila sepatu anda terbuat dari kulit, hindari kompor dan peralatan lainnya yang mengeluarkan panas karena bahan kulit dari sepatu tersebut bisa menjadi keras atau kaku. Untuk sepatu kulit yang terkena air, lap dan keringkan segera dengan spons atau kain penyerap air lalu angin-anginkan. Bercak kotor dan percikan air becek pada sepatu kulit yang lengket bisa digosok lembut dengan ampelas halus agar tidak melukai bahan kulit.

Di musim hujan, udara yang lembab kerap membuat sepatu kulit . Untuk mengatasinya, olesi tipis sepatu dengan petroleum jelly atau vaselin (bukan yang lotion). Setelah itu semir sepatu seperti biasa. Bila ada matahari muncul, jemurlah sepatu di bawah atap, jangan terkena sinar matahari langsung.

Tindakan pencegahan lain agar sepatu tidak berjamur adalah jangan pernah menyimpan sepatu kulit dalam plastik tertutup, apalagi bila sepatu tersebut sudah pernah dipakai karena biasanya akan menyimpan kelembaban yang akan memicu jamur bila berada dalam kantung plastik yang lembab.

Artikel dalam Serial ini: Tips Berkendara Melewati Genangan Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *