Tips Menyeduh Teh Agar Nikmat Maksimal

telah menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Saat ini beragam teh ada dan ditawarkan, baik dengan menyeduh teh dengan teh seduh biasa atau teh celup yang lebih praktis bagi sebagian orang.

Namun, sebenarnya saat kita menyeduh tidak boleh asal-asalan. Sebab, saat teh terlalu lama diseduh, akibatnya adalah zat tanin dalam daun teh akan keluar. Maka, rasa pahit akan lebih mendominasi dan mengurangi kenikmatan minum teh itu sendiri.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara menyeduh yang benar? Ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan.

  1. Pilih daun berkualitas. Untuk rasa yang optimal, dianjurkan untuk memilih daun teh kering daripada teh dalam kantung, karena kantung teh berpotensi mengganggu rasa teh.
  2. Sebaiknya gunakan teko keramik atau teko tanah liat untuk mengunci aroma wangi teh, dan sedapat mungkin hindari teko yang terbuat dari bahan logam. Sebelum digunakan, bilas dulu bagian dalam teko dengan air panas, buang air panasnya, baru seduh daun didalam teko.
  3. Gunakan air yang baik untuk menyeduh karena air berpengaruh pada rasa akhir teh. Air mineral atau air yang mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi adalah lebih baik daripada air suling atau air distilasi yang sudah tidak mengandung mineral apapun. Air yang berasal dari pegunungan juga diyakini akan memberikan cita rasa teh yang paling nikmat. Hal ini karena sesuai dengan karakteristik tanaman teh itu sendiri yang tumbuh di pegunungan.
  4. Perhatikan lama waktu penyeduhan. Setelah diseduh, diamkan selama 3-5 menit dalam saringannya di teko. Kalau terlalu lama, teh akan terasa pahit. Setelah 5 menit, ampas teh segera keluarkan dari tempat penyeduhan. Hasil penyeduhan bisa dituang ke cangkir untuk langsung dinikmati.
  5. Perhatikan suhu saat menyeduh teh. dengan jenis yang berbeda mengharuskan suhu tertentu yang berbeda pula saat diseduh. Berikut adalah patokan suhu optimal saat menyeduh teh. Bila tidak ada termometer, maka dari sejak air mendidih dan dituangkan ke teh maka diamkan selama beberapa menit tergantung suhu yang ingin dicapai:
    Hitam 100 C, atau didiamkan 3-5 menit
    – Teh Olong 80 C – 90 C, atau didiamkan antara 4-7 menit
    – Teh Hijau 70 C, atau didiamkan 2-3 menit
    – Teh Putih paling optimal diseduh dengan cara cold brew. Yaitu teh putih direndam di air suhu ruang dan didiamkan dalam selama 12 jam.
  6. Takaran teh yang tepat. Jika kita tidak suka teh yang pahit, jangan gunakan teh terlalu banyak. Karena kuncinya seimbang antara teh dan air. Teh sebanyak 1 sendok teh, misalnya, cukup dilarutkan dengan 300 ml air panas. Tentu semua ini kembali lagi ke selera masing-masing, apa lebih suka teh yang pekat atau teh yang encer.
Tips Lainnya :   Tips Aman menggunakan Microwave

Selamat minum teh! 🙂

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.