Tips Renovasi Dapur Sederhana agar Estetik dan Tidak Over Budget

Sebagai salah satu ruangan vital, dapur menjadi jantung pada sebuah rumah. Biasanya letak dapur menjadi satu dengan ruangan makan dan menjadi tempat berkumpul bersama keluarga ketika waktu makan tiba. Itulah sebabnya kebanyakan orang memilih mengubah desain dapur menjadi minimalis karena dianggap efisien dan tidak memakan banyak tempat. Tapi, kamu jangan pernah berpikir bahwa desain dapur minimalis akan terkesan sesak dan berantakan. Karena meskipun terbatas, kamu bisa mengubahnya tampil estetik dan fungsional. Untuk itu, berikut tips dan cara melakukan renovasi dapur sederhana menjadi tampil cantik dan menarik. Tentunya dengan rencana yang matang dan sesuai, berikut tips ketika ingin memulai melakukan renovasi dapur minimalis kamu.

  • Siapkan Anggaran
    Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika berniat melakukan renovasi adalah menyiapkan atau anggaran. Berapa sih biaya renovasi dapur? Biaya renovasi dapur itu tergantung seberapa banyak pembaharuan yang akan kita lakukan. Jadi, perlu diingat kalau renovasi dilakukan berdasarkan kebutuhan bukan keinginan semata. Jadi, persiapkan semua secara matang agar nantinya tidak over

    Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan dana cadangan untuk mengatasi pengeluaran yang tidak terduga saat renovasi dapur nanti. Oleh karena itu menyiapkan anggaran menjadi awal yang penting dalam renovasi dapur.

  • Buat Denah Dapur
    Selain menyiapkan budget, sebelum mulai renovasi dapur kamu juga perlu menentukan bagian dapur mana sajakah yang akan diubah dan diperbaharui. Untuk itu, kamu perlu membuat perkiraan denah dapur baru meliputi letak jendela, saluran pipa, dan furniture dapur lainnya. Namun, ketika kamu memiliki lebih menggunakan jasa Designer Interior bisa jadi pilihan. Cukup dengan mendiskusikan desain renovasi yang diinginkan bersama mereka maka impianmu akan terwujud. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan desain dapur terbaik atas masukan Designer Interior.
  • Sesuaikan Warna Interior Dapur
    Saat merenovasi dapur pilihan warna interior sangatlah penting karena dapat mempengaruhi kesan serta suasana. Pilihlah warna-warna netral untuk seperti beige, abu – abu, putih dan krem. Pemilihan warna netral akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan dengan dekorasi dan furniture yang akan digunakan serta meningkatkan cahaya alami sehingga memberikan kesan dapur lebih luas.
  • Melapisi Ubin Dengan Vinyl
    Jika kamu merasa ubin dapur sudah usang atau sekadar ingin menyesuaikan dengan warna guna meningkatkan nilai estetika, mungkin yang kamu butuhkan adalah stiker vinyl. Stiker vinyl memiliki bermacam motif seperti motif tekstur kayu yang cocok digunakan untuk renovasi dapur agar terlihat lebih alami dan asri.Selain itu melapisi ubin dengan stiker vinyl juga memudahkan kamu untuk membersihkan lantai dapur yang terkena masakan.
  • Perbarui Perkakas Dapur
    Dalam renovasi dapur sederhana, jangan lupa untuk memperbarui peralatan atau perkakas dapur. Peralatan yang sudah tidak layak digunakan harus diganti atau perlu sesuaikan dengan tema dapur agar memiliki nilai estetika. Kamu juga dapat menambahkan pernak – pernik dapur seperti tanaman hias, gantungan untuk spatula, dan lainnya.
  • Tambahkan Furniture Inovatif
    Dapur minimalis tentunya hanya memiliki sedikit tempat untuk meletakkan furniture dapur. Sehingga furniture tersebut diharapkan dapat berfungsi secara maksimal di dapur. Oleh karena itu, kamu dapat menambahkan beberapa furniture inovatif yang multifungsi namun tidak menghabiskan banyak tempat. Beberapa furniture inovatif yang bisa kamu gunakan adalah talenan instan, laci sudut, rak gantung bumbu, rak dan laci berbagai ukuran, serta meja makan instan.
  • Pencahayaan Yang Sempurna
    Pencahayaan menjadi komponen penting agar dapur yang direnovasi memiliki hasil maksimal. Pencahayaan yang baik dapat membantu aktivitas dapur seperti memasak. Itulah sebabnya, untuk menghemat kamu dapat menggunakan lampu LED denganĀ  warna yang senada dengan interior dapur. Selain itu tempatkan lampu di tengah dapur atau jika dapur dan ruang makan menjadi satu, kamu dapat menempatkan di antara keduanya. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan model lampu yang dipilih. Pastikan model lampu adalah lampu gantung yang minimalis agar ruangan tidak tampak penuh.
  • Tata Letak Yang Sesuai
    Keberhasilan renovasi dapur sederhana tidak lepas dari penataan barang maupun furniture dapur yang sesuai. Oleh karena itu diperlukan kemampuan menata yang baik. Bila perlu, kamu juga harus menyesuaikan dengan bentuk dapur juga saat meletakkan furniture besar seperti rak, meja kabinet dan wastafel.

 

Memiliki dapur minimalis dengan nilai estetika namun tidak meninggalkan nilai fungsionalnya merupakan idaman banyak orang. Walaupun biaya renovasi dapur tidak sedikit, kamu tetap bisa menyesuaikannya dengan dan mengikuti beragam tips renovasi dapur sederhana diatas. Untuk itu sebelum memulai memutuskan merenovasi dapur pastikan masalah keuangan sudah terencana, apalagi dengan adanya pandemi seperti sekarang. Kamu harus benar-benar memperhatikan sebelum memulai mendekorasi ulang bagian dapur di rumah.

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.